Makanan Sehat Buat Ibu Hamil Tiap Trimester yang Tepat

By Categories : Kesehatan

Makanan sehat buat ibu hamil apa saja yang tepat dikonsumsi pada saat trimester pertama? Kira-kira seperti itulah yang ditanyakan para ibu-ibu saat hamil muda. Hal ini dikarenakan perkembangan dan kesehatan bayi dalam kandungan sangat bergantung kepada makanan dan asupan nutrisi yang Anda konsumsi saat hamil. Untuk lebih jelas mengenai makanan sehat untuk ibu hamil, simak ulasan berikut ini.

Seperti yang kita ketahui memilih makanan untuk ibu hamil memang sangat penting untuk dilakukan, terutama saat masih trimester pertama. Sebab pada masa ini janin membutuhkan segala macam nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

Menurut spesialis kebidanan dan kandungan dr. Damar Pramusinto, Sp. OG (K) asupan gizi yang baik selama hamil dapat menghindari calon ibu dari berbagai risiko, seperti preeklamsia, pendarahan, bayi lahir prematur dan lainnya.

Selain itu mengonsumsi makanan yang tepat juga dapat menghindari ibu hamil dari masalah kehamilan seperti morning sickness dan masalah lain yang mungkin membahayakan kesehatan Anda dan calon janin. Maka jangan heran jika ibu hamil muda akan benar-benar menjaga asupan makanan yang mereka konsumsi. Lantas apa saja makanan tersebut? Berikut ulasannya.makanan sehat buat ibu hamil

Daftar Makanan Sehat Buat Ibu Hamil Pada Tiap Trimester Paling Lengkap

Makanan Sehat Pada Trimester Pertama

Pada trimester pertama atau pada usia kehamilan 1 hingga 12 minggu ibu hamil diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan kalori hingga 200 kilo kalori dalam setiap harinya. Beberapa makanan yang diwajibkan untuk dikonsumsi adalah makanan kaya karbohidrat, seperti mie, pasta, nasi, roti, sayuran, ikan, daging merah, buah, susu dan produk olahannya.

Baca juga cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami

Biasanya saat memasuki minggu kelima kehamilan, ibu hamil akan mengalami mual dan muntah. Untuk menyiasati hal ini konsumsilah makanan dengan porsi sedikit tapi sering. Selain itu, sebaiknya sajikan makanan dengan kondisi hangat dan segar agar nafsu makan bertambah.

Jangan lupa untuk memenuhi asupan asam folat sebanyak 0,6 miligram dalam setiap harinya.  sebab asam folat tersebut sangat bermanfaat untuk pembentukan jaringan tubuh, mencegah preeklamsia dan membantu penyerapan zat besi. Sumber asam folat terbaik yang bisa dikonsumsi antara lain telur, brokoli, hati, jeruk dan produk whole grain.

Tak hanya itu saja, calon ibu juga jangan lupa untuk mengonsumsi protein untuk mendapatkan asam amino yang cukup untuk pembentukan otak janin, serta  kolin dan DHA  untuk membentuk sel otak baru. Anda bisa mendapatkan nutrisi kolin dari beberapa makanan seperti roti gandum, daging sapi, kacang-kacangan, telur dan susu. Sedangkan sumber DHA antara lain kuning telur, daging, ikan dan unggas.  Serta jangan lupa mencukupi asupan vitamin A, vitamin B, vitamin C  dan vitamin D.

Makanan Sehat Pada Trimester Kedua

Pada trimester kedua atau usia kehamilan ke 13 – 28 minggu, calon ibu membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak yaitu 300 kalori dalam setiap harinya. Pada trimester kedua ini tepatnya pada minggu ke 17 biasanya calon ibu akan mengalami sembelit. Untuk mengatasi hal ini pilihlah makanan sehat buat ibu hamil seperti buah dan sayur dan melengkapinya dengan air putih yang banyak.

  Baca juga menu makanan ibu hamil agar anak cerdas sejak dini

Pada masa ini, jantung dan sistem peredaran darah janin sedang berkembang. Untuk menunjang hal ini pastikan Anda mengonsumsi asupan zat besi dan vitamin C untuk membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah. Beberapa makanan sehat untuk  ibu hamil pada masa ini adalah ayam, daging merah, bayam, kuning telur dan lainnya.

Sebaiknya Anda juga membatasi konsumsi garam, sebab dapat meningkatkan risiko bengkak pada kaki dan tekanan darah tinggi. Selain pada, minggu ke-23 adalah minggu di mana pembentukan otak meningkat. Pada minggu ini tak ada salahnya jika Anda mengonsumsi seafood untuk memenuhi asupan lemak omega 3.

Makanan Sehat pada Trimester Ketiga

Ketika memasuki trimester ketiga, ibu hamil harus mempersiapkan segalanya baik mental ataupun asupan nutrisi untuk menghadapi persalinan. Asupan nutrisi yang berkualitas tentu saja dapat menjamin calin ibu tak akan mengalami kekurangan gisi.

Pada saat masa ini pastikan semua kalori terpenuhi dengan mengonsumsi sumber kabohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang, susu, biji-bijian dan kacang-kacangan dan sumber lemak  yang memadai dan sehat seperti telur, susu, daging, alpukat, minyak nabati dan mentega.

Baca juga artikel terkait hemoglobin rendah pada ibu hamil? berikut cara terbaik mengatasinya

Nah itulah beberapa makanan sehat buat ibu hamil pada tiap trimester paling lengkap. Dengan memenuhi asupan gizi dan nutrisi tersebut, calon ibu dan janin dalam kandungan akan senantiasa sehat sampai hari melahirkan tiba.

Loading...