Makanan Sehat Bayi 9 Bulan untuk Sang Buah Hati

By Categories : Kesehatan

Memiliki buah hati sehat menjadi keinginan setiap orang tua. Agar si buah hati tetap sehat memerlukan asupan nutrisi yang perlu diperhatikan oleh para orang tua. Nutrisi yang diberikan juga perlu disesuaikan dengan usia si buah hati. Pada pembahasan kali ini membahas mengenai beberapa makanan sehat bayi usia 9 bulan yang dapat diberikan.

Makanan Sehat Bayi 9 Bulan

Buah hati yang masih 9 bulan pada umumnya akan mulai aktif dalam gerakan yang membuat para orang tua senang dan bangga. Di usianya tersebut si buah hati perlu membutuhkan nutrisi yang baik guna membantu pertumbuhannya. Nah di bawah ini terdapat beberapa makanan sehat untuk bayi 9 bulan.

Berikut Makanan Sehat Bayi 9 Bulan

Makanan sehat bayi 9 bulan berikutnya dapat diberikan sereal yang ditambahkan dengan beberapa buah seperti apel, buah persik, buah pir. Selain diberikan buah bayi 9 bulan juga dapat diberikan sayuran seperti wortel, labu, brokoli, dan aneka sayuran lainnya termasuk bayam. Namun yang perlu diperhatikan adalah menghaluskan makanan-makanan tersebut terlebih dahulu mengingat bayi usia 9 bulan belum memiliki bentuk gigi yang tidak sempurna.

Makanan sehat bayi berusia 9 bulan berikutnya dengan memberikan aneka bubur sehat. Aneka bubur sehat yang dapat menjadi pilihan Anda sebagai orang tua seperti bubuh bayam, bubur merah, sumsum susu, susu biskuit kacang hijau, ataupun susu manis. Dengan nutrisi yang terkandung di dalam bubur yang menggunakan bahan sayuran dan campuran buah-buahan tersebut baik untuk membantu perkembangan tubuh ataupun otak si buah hati.

Untuk nasi tim yang dapat Anda berikan untuk si buah hati adalah nasi tim dengan campuran sayuran. Sayuran yang dapat Anda tambahkan untuk nasi tim seperti wortel yang telah dipotong kecil-kecil menyerupai dadu, buncis muda yang telah dicincang, serta bahan rempah seperti daun bawang, bawang putih yang telah dicincang. Selain itu tambahkan juga kaldu ayam ke dalam nasi yang dimasak sampai dengan memiliki tekstur lunak.

Selain makanan sehat yang bisa diberikan pada si buah hati, orang tua juga perlu mengetahui apa saja makanan yang belum bisa diberikan pada anak berusia 9 bulan. Makanan-makanan tersebut diantaranya popcorn, permen, daging sapi, daging kambing, serta makanan padat lainnya. Ini dikarenakan beberapa makanan tersebut susah untuk dicerna oleh anak usia 9 bulan. Di samping itu buah jeruk juga sebaiknya jangan diberikan dulu, mengingat buah ini mengandung asam yang cukup tinggi.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa makanan sehat untuk bayi yang berusia 9 bulan. Mengingat gigi bayi berusia 9 bulan belum sempurna, alangkah baiknya jika memberikan makanan yang mudah dicerna dengan cara menghaluskan terlebih dahulu sebelum diberikan. Baca juga artikel mengenai Cara terbaik menaikan berat badan bayi.