Makanan Sehat Bagi Kesehatan Jantung

By Categories : Kesehatan

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah. Ini berarti jantung adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh. Mengingat peranan jantung sangat penting bagi tubuh manusia, menjaga kesehatan jantung juga harus sangat diperhatikan untuk mencegah penyakit jantung. Ada beberapa cara untukĀ  mencegah penyakit jantung yaitu dengan cara menerapkan gaya hidup yang sehat seperti, tidur cukup yang berkualitas, tidak begadang, stop merokok dan makan makanan yang sehat bagi kesehatan jantung. Baca juga manfaat beluntas bagi kesehatan.

Makanan Sehat Bagi Kesehatan Jantung

Ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi agar jantung Anda tetap sehat terjaga. Apa saja makanan tersebut? Berikut adalah makanan sehat bagi kesehatan jantung!

Makanan sehat untukĀ jantung

Ikan salmon

Makanan sehat yang pertama adalah ikan salmon. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi ikan salmon akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Hal ini karena ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik dalam menurunkan tekanan darah sehingga jantung dapat bekerja secara normal. Selain ikan salmon. Omega 3 juga dapat Anda temukan pada minyak biji rami, minyak ikan, ikan tuna, kenari dan juga minyak canola.

Oatmeal

Makanan sehat bagi jantung yang kedua adalah oatmeal. Oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari olahan gandum. Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda dapat mengonsumsi oatmeal secara rutin. Kandungan asam lemak yang tinggi pada oatmeal akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh selain itu, oatmeal juga sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Mulailah untuk mengonsumsi oatmeal pada pagi hari untuk mengawali hari Anda.

Yogurt

Selanjutnya, Anda dapat mengonsumsi yogurt untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Menurut penelitian, yogurt dapat melindungi Anda terhadap penyakit gusi. Jika tidak segera ditangani, penyakit gusi dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Kandungan probiotik (bakteri baik) yang terkandung dalam makanan fermentasi seperti yogurt dan kefir dapat membantu tubuh untuk memerangi bakteri jahat yang ada di mulut. Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan pencernaan.

Kismis

Selain makanan di atas, kismis juga merupakan makanan sehat yang dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Ini karena kismis mengandung antioksidan yang sangat baik untuk memerangi bakteri yang dapat menyebabkan peradangan gusi. Seperti yang kami katakan tadi, penyakit atau peradangan gusi dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung.

Pastikan Anda menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat. Karena hal tersebut juga akan berpengaruh bagi kesehatan Anda. Selain mengonsumsi makanan tersebut, Anda juga harus mengimbanginya dengan berolahraga yang baik untuk meningkatkan kerja jantung. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya tips mengobati asam urat secara alami.