Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

By Categories : Kesehatan

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh penumpukan zat purin di dalam tubuh terlalu tinggi. Zat purin merupakan zat yang berasal dari makanan yang setiap hari kita konsumsi. Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya asam urat seperti mengonsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi, sering mengonsumsi alkohol, penyakit ginjal, dan obat-obatan yang dapat menurunkan ekskresi asam urat.

Jika asam urat meradang, ini akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian tubuh yang terserang asam urat. Biasanya bagian tubuh yang sering terkena penyakit ini adalah lutut, pergelangan kaki dan persendian lainnya. Bagi seseorang yang sudah mengalami asam urat, sebaiknya menghindari makanan penyebab asam urat berikut ini!

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Inilah Beberapa Makanan Penyebab Asam Urat

Jeroan

Jeroan atau makanan yang yang berasal dari dalam tubuh hewan merupakan salah satu penyebab asam urat. Jeroan seperti orak, limpa, usus, hati dan ampela merupakan salah satu makanan yang paling disukai oleh setiap orang. Meskipun memiliki kandungan protein, zat besi dan vitamin B12 jeroan tersebut juga kaya akan purin yang dapat menyebabkan asam urat. Dalam limpa domba atau kambing, purin yang terkandung di dalamnya yaitu 773 mg/100g.

Seafood

Makanan penyebab asam urat yang kedua adalah seafood atau makanan laut. Seorang asisten profesor nutrisi klinis dari University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas, menyatakan bahwa makanan laut yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan asam urat dikemudian hari. Makanan laut seperti ikan sarden, ikan teri, udang, lobster, kerang, kepiting dan makanan laut lainnya. Contohnya ikan sarden, ikan jenis ini memiiki kandungan purin yaitu 480 mg/100g.

Daging Merah

Daging merah seperti, daging kambing, kuda, sapi dan domba juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Jika dirata-rata daging merah mengandung purin yaitu 200 mg/100g. Mengonsumsi daging merah memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Ini karena daging merah kaya akan zat besi yang berguna untuk mencegah anemia. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan daging merah juga dapat menjadi boomerang bagi kesehatan Anda. Namun jika Anda pecinta daging, Anda dapat menikmati daging putih yang rendah purin dibandingkan dengan daging merah.

Buah dan Sayur

Buah dan sayur dikenal sebagai makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun bagi penderita asam urat tidak semua buah dan sayur dapat Anda konsumsi. Ada beberapa buah dan sayur yang mengandung purin yang tinggi seperti, asparagus, singkong, jamur kuping, kangkung, buncis, kembang kol, durian, kelapa muda dan juga nanas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai menghindari makanan tersebut. Karena pada jamur kuping terdapat purin yaitu sebesar 448mg/100g.

Nah itulah beberapa makanan penyebab asam urat tinggi.

Baca juga artikel terkait tentang Makanan untuk penderita asam urat.