Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes

By Categories : Makanan

Seseorang yang menderita diabetes tentu saja harus memperhatikan makanan apa saja ia konsumsi. Hal ini dikarenakan salah dalam mengonsumsi makanan dapat menaikkan kadar gula dalam darah yang pada akhirnya dapat memperburuk kondisi penderita diabetes. Diet terbaik untuk penderita diabetes adalah diet kalori terbatas atau rendah. Yang paling penting seseorang penderita diabetes tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kalori yang tinggi. Tahukah Anda penderita diabetes  juga harus menghindari nasi. Karena  nasi mengandung kalori yang sangat tinggi. Namun Anda jangan khawatir, karena Anda bisa mengonsumsi makanan pengganti nasi yang cocok bagi penderita diabetes. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Makanan Pengganti Nasi

Daftar makanan pengganti nasi  bagi penderita diabetes

Kentang

Kentang memang sering dijadikan sebagai bahan makanan namun belum banyak orang yang memfungsikannya sebagai makanan untuk pengganti nasi. Agar kadar kandungan vitamin dan nutrisi kentang tetap baik dan sehat, sebaiknya Anda mengolahnya dengan cara direbus. Karena jika digoreng kentang dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Talas

Jika dibandingkan nasi, talas juga memiliki GI (indek glikemik) yang cukup rendah yaitu sekitar 54. Dan tentu saja hal ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain memiliki GI yang rendah, talas juga kaya akan vitamin dan nutrisi seperti karbohidrat dan juga serat. Kandungan serat dalam talas pun dapat memebuhi 20,1% kebutuhan serat dalam setiap harinya. Mengonsumsi talas secara teratur juga dapat mencegah terserang berbagai macam penyakit.

Sukun

Makanan pengganti nasi selanjutnya adalah sukun. Tak hanya daunnya saja yang memiliki manfaat, selain enak buahnya juga mengandung beberapa zat baik yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Sukun kaya akan flavonoid yang berguna untuk menjaga kesehatan ginjal dan jantung. Sukun juga kaya akan kalium yang baik untuk menjaga kesehatan otot, saraf dan juga organ jantung. Selain itu, sukun juga memiliki kadar GI yang sangat rendah, sehingga aman jika dikonsumsi penderita diabetes.

Pasta

Di Indonesia sendiri makanan yang satu ini belum terlalu populer dan tidak banyak orang yang mengonsumsi pasta. Namun meskipun begitu jika dilihat dari kandungan nutrisinya, pasta memiliki nutrisi yang sangat baik. Pasta juga memiliki GI yang sangat rendah, yaitu 4,1. Tak hanya itu saja pasta juga kaya akan asam folat dan lemak dengan jumlah yang relatif rendah.

Singkong

Berikutnya adalah singkong. Mengonsumsi singkong secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Hal ini dikarenakan singkong kaya akan serat. Tak hanya itu saja, karbohidrat yang terdapat dalam singkong pun sangat komplek dan memiliki nilai Gi yang cukup rendah yaitu hanya 54, sehingga penderita diabetes sangat cocok mengonsumsi makanan yang satu ini.

Baca juga makanan yang harus dihindari penderita diabetes.