Makanan Penambah Stamina Tubuh Setelah Olahraga

By Categories : Makanan

Jika berbicara tentang cara meningkatkan stamina tubuh, hanya dengan beristirahat saja ternyata tidak cukup. Anda juga harus mencukupi berbagai macam makanan penambah stamina tubuh. Setelah melakukan berbagai macam aktifitas, salah satunya berolahraga tentu saja stamina tubuh telah terkuras. Oleh karena itu Anda harus memenuhinya kembali agar tubuh tetap segar dan tidak lesu. Pada umumnya makanan yang dapat untuk menambah stamina tubuh adalah telur dan juga daging, akan tetapi para vegetarian tentu saja akan menghindari kedua makanan tersebut. Lalu bagaimana caranya? Nah berikut adalah makanan penambah stamina tubuh setelah olahraga yang dapat Anda konsumsi.

Makanan Penambah Stamina Tubuh Setelah Olahraga

Daftar makanan yang baik untuk menambah stamina

Pisang

Makanan yang pertama adalah pisang. Siapa yang tidak mengenal pisang? Hampir setiap orang mengetahui jenis buah yang satu ini. Selain rasanya yang enak buah pisang juga kaya akan nutrisi seperti serat, potasium, fruktosa (pemanis alami). Dengan mengonsumsi buah yang satu ini sebelum dan setelah berolahraga tentu saja makanan ini dapat memberikan energi dan dapat meningkatkan stamina Anda. Tak hanya itu saja, kandungan serat pada buah pisang juga berguna untuk melancarkan pencernaan.

Oatmeal

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, oatmeal juga merupakan makanan yang dapat meningkatkan stamina. Kandungan karbohidrat kompleks pada makanan ini dapat membuat Anda lebih kenyang untuk waktu yang lama. Sehingga dapat memberikan energi selama berjam-jam setelah berolahraga.

Air

Air juga merupakan salah satu minuman yang harus Anda konsumsi setelah berolahraga. Air yang Anda minum dapat membuat tubuh terhidrasi kembali, dengan begitu Anda akan tetap berenergi dan bugar. Dalam sehari pastikan Anda mengonsumsi air sekurang-kurangnya 7 hingga 8 gelas.

Apel

Makanan penambah darah selanjutnya adalah apel. Sejak zaman dahulu apel memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain kaya akan vitamin, apel juga kaya akan nutrisi, salah satunya zat besi. Kandungan zat besi dalam apel berguna untuk meningkatkan jumlah hemoglobin darah dan juga dapat membuat sel dalam tubuh untuk mendapatkan energi kembali setelah berolahraga ataupun setelah beraktivitas.

Anggur merah

Berikutnya adalah dengan mengonsumsi anggur merah. Anggur merah juga mengandung pemanis alami yang dapat meningkatkan energi. Kandungan resveratol pada buah  ini juga dapat meningkatkan stamina setelah berolahraga. Tak hanya itu saja kandungan antioksidan pada anggur merah juga sangat ampuh untuk mencegah penyakit kanker.

Sayuran hijau

Selain mengonsumsi buah-buahan Anda juga harus mengonsumsi sayuran. Kandungan serat dalam sayuran sangat baik untuk menjaga pencernaan Anda. Namun tak hanya itu saja, sayuran hijau juga kaya akan vitamin C yang dapat menjaga stamina tubuh serta dapat merawat kulit tetap sehat.

Nah itulah beberapa makanan penambah stamina setelah tubuh olahraga. Baca juga artikel terkait lainnya cara mengatasi kram perut saat olahraga.