Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

By Categories : Wanita

Hamil merupakan suatu hal yang paling ditunggu oleh semua pasangan yang sudah menikah. Dengan begitu, ini akan membuat anggota keluarga semakin lengkap dan ramai. Bisanya seorang ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan baik fisik maupun kesehatan. beberapa ibu hamil rentan megalami pusing, cepat lelah, letih, lesu dan beberapa keluhan lainnya. Jika dilihat dari ciri-cirinya, hal tersebut merupakan indikasi bahwa ibu hamil sedang mengalami anemia.

Anemia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kurangnya darah dalam tubuh. jika hal ini tidak segera diatasi, ibu hamil yang menderita anemia dapat mengalami masalah kesehatan yang dapat membahayakan janin. Maka dari itu, memenuhi asupan gizi adalah hal yang harus dilakukan. Berikut adalah makanan penambah darah untuk ibu hamil!

Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Makanan Penambah Darah yang Dapat Anda Coba

Daging

Makanan pertama yang dapat Anda coba adalah daging. Daging merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan zat besi yang sangat tinggi. Sehingga makanan tersebut sangat baik untuk menambah kadar darah dalam tubuh. Namun dalam mengonsumsi daging sebaiknya jangan terlalu berlebih. Karena daging memiliki kolesterol sangat tinggi yang tidak baik untuk kesehtan tubuh.

Buah-buahan

Seperti yang Anda ketahui buah-buahan kaya akan vitamin dan nutrisi yang dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah kurang darah. Selain bermanfaat untuk menambah darah, buah juga berguna untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan juga melancarkan pencernaan. Ada beberapa buah yang baik untuk ibu hamil yang dapat menambah darah antara lain melon, kismis, anggur, apel dan juga jeruk.

Roti dan sereal

Makanan penambah darah selanjutnya adalah roti dan sereal. Sereal dan roti merupakan salah satu makanan yang terbuat dari gandum. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pada ibu hami. Karena selain kaya akan karbohidrat roti dan sereal juga mengandung zat besi yang dapat memenuhi kadar darah dalam tubuh Anda.

Sayuran

Mengonsumsi sayuran setiap hari merupakan langkah awal untuk mendapatkan tubuh sehat. Mengapa demikian? Hal ini karena sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Tak hanya itu saja, sayuran juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab segala macam penyakit. Anda dapat mengonsumsi sayuran seperti, sawi, brokoli, bayam, kol dan sayuran lainnya.

Kacang almond

Makanan yang kaya akan zat besi adalah kacang-kacangan salah satunya yaitu kacang almond. Dalam 1 ons kacang almond yang Anda konsumsi dapat memenuhi 6% kebutuhan zat besi dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda sering mengonsumsi cemilan yang satu ini. Selain enak, kacang almond juga dapat menambah kadar darah dalam tubuh.

Demikianlah ulasan tentang makanan penambah darah untuk ibu hami yang harus Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya resep masakan untuk ibu hamil.