Makanan Penambah Darah bagi Ibu Hamil

By Categories : Wanita

Masa kehamilan adalah masa yang ditunggu-tunggu khususnya bagi pasangan yang mendambakan segera memiliki momongan. Banyak perubahan yang terjadi pada masa kehamilan seperti bentuk tubuh sampai suplemen atau gizi yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya adalah makanan penambah darah bagi ibu hamil, protein, vitamin, dan zat gizi lain yang penting bagi pertumbuhan janin.

Makanan Penambah Darah bagi Ibu Hamil

Beberapa ibu hamil mengalami keluhan seperti tubuh lemas, letih, dan kepala yang terasa pusing. Beberapa hal ini bisa menjadi indikasi bahwa ibu hamil sedang mengalami anemia atau kurang darah. Beberapa jenis makanan dapat membantu ibu hamil mengatasi anemia yang sedang dialami terutama di awal masa kehamilan. Berikut beberapa jenis makanan sehat penambah darah yang dapat dikonsumsi ibu hamil agar terhindar dari anemia.

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

1. Buah-buahan

Buah yang dibutuhkan oleh ibu hamil yakni buah yang mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Buah-buahan ini dapat melancarkan peredaran darah dan membantu mengatasi anemia. Buah yang mengandung vitamin A dan cocok bagi ibu hamil yakni buah plum, semangka, melon, mangga, pepaya, dan sebagainya. buah yang mengandung vitamin B kompleks yakni alpukat, nanas, delima, kurma, dan pisang. Sedangkan buah yang mengandung vitamin C yakni buah nanas, lemon, dan buah jeruk. Selain itu, buah anggur, raspberry, dan limau juga cocok bagi ibu hamil mengingat kandungan zat besinya yang tinggi.

2. Sayur-sayuran hijau

Sayuran adalah makanan penambah darah bagi ibu hamil karena selain kaya serat juga mengandung nutrisi esensial untuk calon jabang bayi. Sayur yang mengandung zat besi sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan. Beberapa contoh makanan penambah darah untuk ibu hamil ini di antaranya bayam, kacang merah, brokoli, sawi, kacang panjang, kentang, lobak, kacang polong hijau, dan sebagainya.

3. Daging

Daging berperan menambah jumlah hamoghlobin dan zat besi dalam tubuh. Konsumsilah daging dalam porsi cukup dan seimbang dalam menu empat sehat lima sempurna Anda. Pilihlah daging yang berwarna merah segar tanpa ada kandungan lemaknya.

4. Kacang almond

Salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan besi terbanyak yakni kacang almond. Satu ons kacang almond dapat dapat digunakan untuk memenuhi 7 % kebutuhan zat besi dalam tubuh Anda. Konsumsi kacang almond untuk menghindari anemia khususnya bagi ibu hamil di usia muda.

5. Berbagai jenis roti, havermut, dan sereal

Roti, havermut, dan sereal yang mengandung gandum mampu memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh dan mengurangi resiko terkena anemia.

6. Tiram

Kerang dan tiram merupakan sumber zat besi dari keseluruhan jenis makanan laut. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi kerang dan tiram agar tidak kekurangan darah selama masa kehamilan.

7. beras merah

beras merah dapat membantu menurunkan kolesterol dan menghindari gangguan pencernaan. Selain itu, beras merah juga dapat membantu meningkatkan kadar hemoghlobin dalam tubuh sehingga efektif untuk membantu mencegah anemia.

Demikian informasi tentang makanan penambah darah bagi ibu hamil yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

terms: makanan penambah darah untuk ibu hamil, makanan penambah darah ibu hamil, penambah darah untuk ibu hamil, sayuran penambah darah untuk ibu hamil, kurang darah saat hamil