Makanan Penambah Berat Badan Anak

By Categories : Kesehatan

Sekarang ini memang masih banyak permasalahan mengenai gizi bayi dan balita di Indonesia.  Kekurangan gizi dapat menyebabkan berat badan anak mengalami penurunan.  Dan inilah merupakan salah satu hal yang sangat di khawatirkan oleh setiap orang tua terutama ibu. Maka dengan mengetahui makanan penambah berat badan anak, akan membuat orang tua semakin pintar dalam menjaga asupan gizi yang baik bagi anak. Terdapat hal yang dapat memicu anak mengalami susah makan, diantaranya karena faktor non fisik dan psikis. Adapun faktor fisik diantaranya terdapat gangguan pada organ pencernaan ataupun terdapat infeksi yang terdapat dalam tubuh anak. Sedangkan untuk faktor psikis diantaranya meliputi gangguan psikologis anak. Gangguan ini dapat dipicu karena kondisi rumah yang tidak nyaman, suasana makan yang tidak menyenangkan dan masih banyak lagi lainnya.

makanan panambah berat badan

Maka dari itulah bagi setiap orang tua harus bisa lebih cermat mengatasi faktor penyebab anak susah makan. Menurut data statistik mengatakan bahwa sekarang ini terdapat 85% orang tua mulai khawatir dengan kondisi penurunan berat badan anaknya. Maka dari itulah pada penjelasan kali ini kita akan membahas mengenai makanan penambah berat badan anak yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan gizi bayi dan anak sekarang ini. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut !

Daftar Makanan Penambah Berat Badan Anak

ASI
Makanan penambah berat badan anak yang pertama adalah ASI. Peranan ASI dimulai sejak anak  masih berusia di bawah umur 6 bulan. Dalam usia-usia tersebut ASI memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan berat badan anak. Hal ini dikarenakan ASI memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak yang masih dalam usia di bawah 6 bulan.

Susu
Susu formula ini berfungsi sebagai pengganti ASI atau berguna bagi anak yang sudah berusaia 6 bulan ke atas. Maka untuk anak yang sudah berusia di atas 6 bulan dibutuhkan nutrisi tambahan yaitu susu formula. Adapun kandungan gizi dan nutrisi dalam susu formula sama baiknya dengan kandungan ASI. Semakin terpenuhi nutrisi dan gizi pada anak, maka masalah gizi akan teratasi.

Pisang
Buah yang satu ini memang merupakan makanan penambah berat badan anak. Hal ini dikarenakan dalam buah pisang memiliki kandungan serat, kalsium, vitamin C, B6 dan kalori. Untuk anak yang masih berusia 8 bulan usahakan untuk diolah menjadi bubur terlebih dahulu. Namun bagi anak yang usianya di atas 8 bulan, boleh langsung di berikan dalam bentuk buah.

Daging
Selain pisang Anda juga dapat memanfaatkan daging sebagai salah satu makanan penambah berat badan anak. Daging juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik dalam menunjang pertumbuhan anak. Diantaranya kandungan vitamin B6, B12, protein dan kolesterol sehat.

Minyak

Bagi Anda yang sudah mencoba memberikan makanan berupa campuran bubur dan daging namun berat badan anak tidak naik, maka Anda dapat mencoba menambahkan minyak pada bubur tersebut. Minyak tersebut baik untuk meningkatkan berat badan bayi karena mengandung lemak. Gunakan minyak seperti minyak wijen atau minyak olive. Anda cukup menambahkan 1 hingga 2 sendok teh pada bubur anak.

Ubi Manis

Selain memiliki rasa yang manis, ubi manis juga dapat Anda pilih sebagai makanan penambah berat badan anak. Ubi manus mengandung lemak jenuh degan kadar yang rendah, magnesium, serat, kalium, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Kalori yang terkandung dalam ubi manis juga cukup tinggi.

Alpukat

Seperti halnya buah pisang, alpukat merupakan salah satu buah yang dapat menambah berat badan anak dengan cepat. Alpukat mengandung lemak yang sehat untuk membantu menaikkan berat badan anak. Buah ini juga mengandung serat yang tinggi dan sangat baik untuk pencernaan. Untuk bayi berusia di atas 6 bulan dapat mengonsumsi alpukat dalam bentuk bubur.

Telur

Untuk bayi yang berusia di atas 8 bulan dianjurkan untuk mengonsumi telur. Telur merupakan sumber protein yang baik terutama pada bagian putih telur. Sedangkan kuning telur mengandung kolesterol. Namun Anda juga perlu berhati-hati memberikan telur kepada anak karena telur dapat menyebabkan alergi bagi beberapa anak. Anda dapat menyajikan telur dalam bentuk telur dadar, telur rebus, rak-arik dan sebagainya.

Selain Kacang

Selain memiliki rasa yang enak, selai kacang juga cocok untuk anak dalam membantu pertumbuhan berat badan. Bayi dengan usia 10 bulan ke atas dapat mengonsumsi selai kacang. Selai kacang memiliki kandungan kolesterol  serta protein yang cukup tinggi. Jika Anak Anda sudah berusia lebih dari 1 tahun maka selai kacang dapat dimasukan sebagai menu sarapan pagi bersama roti tawar.

Demikian penjelasan mengenai makanan penambah berat badan anak yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel berikut ini Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olaharaga.