Makanan Korea yang Halal di Beberapa Restoran di Jakarta

By Categories : Makanan

Mendengar kata Korea pasti yang terlintas pertama adalah K-pop dan drama korea romantis. Padahal selain itu, Korea juga terkenal den pariwisata, budaya Korea , dan kulinernya yang mulai disukai oleh banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Sebenarnya ada banyak yang dapat dibahas mengenai Korea, namun kali ini kita akan membahas tentang kuliner yang ada pada Negeri Ginseng ini.

Ada banyak makanan Korea yang terkenal dan digemari oleh masyarakat seluruh dunia, mulai dari jajanan, makanan tradisional, dan lainnya. Bahan yang digunakan biasanya dari daging sapi, daging babi, ikan, ayam, dan sayuran. Namun bagi para muslim tidak perlu khawatir karena berikut akan dijelaskan beberapa makanan Korea yang halal dan dapat ditemui dibeberapa restoran Korea di Jakarta.

Makanan Korea yang Halal1

Makanan khas Korea yang halal

  1. Baechu Kimchi

Ini merupakan kimchi paling terkenal dan paling populer di Korea Selatan. Makanan ini terbuat dari sawi putih yang difermentasi dengan beberapa bumbu khusus seperti cabai, bawang putih, dan minyak ikan. Baechu Kimchi sering digunakan dalam tradisi Gimjang yakni tradisi membuat kimchi secara masal Biasanya Baechu Kimchi disajikan sebagai makanan pendamping menu utama.

Kimchi sawi putih ini dapat dengan mudah dijumpai di berbagai restoran Korea yang berada di Jakarta. Jika di Korea, selain sawi putih, mereka juga sering menggunakan sawi hijau untuk difermentasi menjadi kimchi yang dikenal dengan Gat Kimchi. Untuk variasi sawi putih tidak hanya untuk membuat Baechu Kimchi saja, melainkan dapat dibuat menjadi Bossam Kimchi. Ini merupakan kimchi yang terkenal sulit dalam pengolahannya. Kimchi ini terbuat dari campuran buah, kacang-kacangan dan seafood yang diberi bubuk cabai, bawang putih serta minyak ikan. Kemudian sawi putih digunakan untuk membungkusnya.

  1. Chonggak Kimchi

Di beberapa daerah di Korea Selatan merupakan penghasil lobak sehingga orang Korea sering memanfaatkannya untuk membuat kimchi. Di Korea, kimchi yang terbuat dari lobak diberi nama Conggak Kimchi. Bumbu yang digunakan hampir sama seperti kimchi pada umumnya. Namun yang sedikit membedakan adalah Chonggak Kimchi memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan dengan Baechu Kimchi. Ini merupakan salah satu makanan paling terkenal yang tidak hanya masyarakat asli Korea saja yang suka, melainkan para wisatawan yang luar negeri juga yang berkunjung. Anda dapat menemukan Chonggak Kimchi di beberapa restoran Korea di Jakarta.

  1. Oisobagi Kimchi

Makanan Korea yang halal selanjutnya adalah Oisobagi Kimchi. Ini merupakan kimchi yang terbuat dari mentimun. Dalam penyajiannya mentimun tersebut diisi dengan beragam sayuran yang telah dibumbui. Sayuran tersebut biasanya seperti wortel, sawi, dan lobak sehingga halal untuk dikonsumsi umat muslim. Oisobagi kimchi biasanya disajikan sebagai hidangan pelengkap saat menikmati sup lobak.

  1. Odeng (Fish Cake)

Salah satu jajanan pinggir jalan ini sangat terkenal di Korea Selatan. Bagi Anda seorang muslim, jajanan ini sangat cocok untuk dikonsumsi karena terbuat dari bahan dasar ikan yang telah dihaluskan dan diolah dengan tepung terigu serta bumbu sehingga halal untuk dikonsumsi. Adonan tersebut kemudian dibentuk dan ditusuk, setelah itu direbus dengan air kaldu yang berisi sayuran seperti lobak, rumput laut, serta bumbu lainnya. Beberapa restoran di Jakarta juga kerap menggunakan seafood agar rasa kaldu pada odeng lebih terasa lezat.

Odeng memiliki berbagai macam bentuk, diantaranya adapah pipih yang ditusuk berlipat-lipat, bulat menyerupai bakso, dan lonjong seperti sosis. Biasanya Odeng disajikan dengan kuah lezat yang masih panas dan sangat cocok dinikmati saat musim hujan.

  1. Tteokbokki

Jajanan khas Negeri Ginseng ini dapat Anda temui di restoran Korea di Jakarta dengan mudah. Kue ini hampir terkenal di seluruh dunia. Tteokbokki terbuat dari kue beras yang kemudian dibentuk bulat panjang dan dicampur dengan telur rebus atau ramyeon.

  1. Bungaeoppang

Makanan khas Korea senjutnya adalah Bungaeoppang. Ini merupakan jenis kue yang berbentuk ikan yang biasanya memiliki isian seperti ubi manis, kacang merah, cokelat , dan lainnya. Makanan khas ini dapat dengan mudah ditemui di restoran-restoran Korea di Jakarta. Cara pembuatannya mirip dengan waffle dan kue ini biasanya dijajakan pada saat musim dingin tiba.

  1. Bibimbap

Ini merupakan makanan Korea yang halal dan sangat nikmat. Bahan yang digunakan adalah nasi putih yang disajikam di mangkuk tanah panas dan dicampur dengan berbagai jenis sayuran. Biasanya makanan ini dilengkapi dengan saus Korea yang pedas dengan telor ceplok diatasnya. Selain itu beberapa restoran juga sering menaburkan biji wijen pada Bibimbap. Untuk cara menyantap makanan ini cukup unik, yakni semua sayuran yang tertata rapi di atas nasi harus diaduk agar tercampur dengan semua lauk yang terdapat di dalam mangkuk sajian.

Itulah beberapa makanan Korea yang halal dan dapat ditemukan di berbagai restoran Korea di Jakarta.

Loading...
terms: makanan khas korea yang halal, kuliner pedas halal, makanan korea, masakan sawi putih pedas korea, restoran korea dijakarta timur yg halal