Makanan Khas Solo yang Wajib Dicoba

By Categories : Wisata

Berbicara mengenai kota Surakarta atau Solo tak bisa lepas dari kebudayaan serta aneka ragam kuliner khas kota tersebut. Surakarta atau dikenal dengan Solo merupakan salah kota yang terletak di Jawa Tengah. Aneka ragam kuliner khas dengan cita rasa lezat terdapat di kota yang memiliki berbagai kebudayaan tersebut. Rata-rata makanan khas daro Solo sudah terkenal di berbagai daerah Indonesia. Nah bagi para wisatawan yang sedang mengunjungi kota Solo, tak ada salahnya jika mengunjungi beberapa tempat wisata kuliner di Solo untuk mencoba berbagai masakan kuliner khas Solo. Lalu apa saja makanan khas Solo yang wajib untuk dicoba? Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini.

Nasi Liwet

Berikut Makanan Khas Solo yang Wajib untuk Dicoba

Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan salah satu makanan khas Kota Solo yang sudah dikenal masyarakat banyak. Jika Anda sedang mengunjungi Kota Solo jangan lupa untuk mencoba makanan khas Solo yang satu ini yakni nasi liwet. Nasi liwet khas Solo berbeda dengan nasi liwet pada umumnya. Nasi liwet khas Solo diolah dengan berbagai rempah termasuk juga kaldu ayam yang akan membuat nasi menjadi lebih gurih. Selain itu santan juga turut ditambahkan dalam proses pembuatannya. Salah satu warung yang sudah terkenal dengan nasi liwetnya adalah Warung Nasi Liwet Wingso Lemu Keprabon.

Timlo Solo

Makanan khas Solo berikutnya adalah timlo Solo. Makanan yang satu ini juga sangat terkenal dari Solo. Timlo Solo merupakan makanan khas Solo yang terdiri dari nasi putih yang dilengkapi dengan telur ayam, sosis, telur, jeroan ayam, yang disajikan dengan kuah bening dan taburan bawang merah untuk menambah cita rasa. Salah satu warung terkenal di Solo yang menyediakan kuliner ini adalah Warung Timlo Sastro.

Tengkleng

Bagi Anda pecinta daging kambing mungkin sudah tidak asing dengan olahan makanan yang satu ini yakni tengkleng. Tengkleng merupakan makanan khas Solo yang namanya terkenal di berbagai daerah. Namun Tengkleng yang ada di Solo tentu memiliki cita rasa yang berbeda dengan tengkleng di daerah lain. Tengkleng merupakan kuliner dari daging kambing yang hampir menyerupai gulai kambing. Untuk warung tengkleng yang terkenal di kota Solo salah satunya adalah Tengkleng Ibu Edi yang terletak di pasar Klewer.

Sate Buntel

Makanan khas Solo berikutnya adalah sate buntel. Sate buntel merupakan kuliner yang berbahan dasar daging kambing yang telah dicincang kemudian diolah dengan menggunakan berbagai bumbu. Bahan yang telah tercampur merata barulah dibungkus dengan lemak kambing dan barulah ditusuk-tusuk sebelum dibakar layaknya sate ayam biasanya. Untuk warung sate buntel yang terkenal di kota Solo seperti warung sate kambing yang terletak di Jalan Sutan Syahrir No 39 Widuran.

Nah itulah tadi beberapa makanan khas Solo yang wajib untuk Anda coba, adapun makanan khas lainnya seperti sambal tumpang, sate kere, dan gudeg ceker.

Baca juga artikel mengenai Tempat wisata di Solo paling populer.