Makanan Khas Semarang yang Wajib Anda Nikmati

By Categories : Makanan

Tahukah Anda makanan apa saja yang merupakan makanan khas Semarang? Berkunjung ke Semarang tentunya tidak lengkap jika belum menikmati wisata kulinernya. Sama seperti dengan kota-kota lainnya Semarang juga memiliki makanan khas yang dapat memikat hati seseorang yang memakannya. Salah satu makanan khas dari semarang adalah Lumpia Semarang. Namun tidak hanya lumpia saja lho makanan khas Semarang. Penasaran kan apa saja? Yuk langsung saja berikut adalah makanan khas Semarang yang wajib Anda nikmati!

Makanan Khas Semarang yang Wajib Anda Nikmati

Makanan khas dari Kota Semarang

Lumpia Semarang

Berkunjung ke Semarang tak lengkap jika belum menikmati makanan yang satu ini. ini dikarenakan Semarang sangat identik dengan lumpia. Pada awalnya lumpia dibuat oleh keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia. Seperti yang Anda ketahui, saat ini  banyak dari warga Semarang yang melakukan bisnis dengan berjualan lumpia. Lumpia sendiri merupakan makanan khas yang berisi rebung, udang, daging ayam, dan juga telur. Perpaduan citarasa dari kuliner Tionghoa dan Indonesia menjadikan lumpia memiliki citarasa yang khusus. Karena lumpia tidak tahan lama, Anda dapat mengawetkannya di dalam frezeer.

Tahu Gimbal

Apakah Anda mengetahui apa itu gimbal? Eissst, jangan berprasangka buruk dulu gimbal di sini merupakan sejenis bakwan udang yang digoreng. Tahu gimbal merupakan salah satu makanan khas Kota Semarang yang terdiri dari potongan gimbal, lontong, telur ceplok, tahu goreng dan juga potongan kubis yang mentah. Biasanya untuk memotong kita membutuhkan pisau, namun tidak dengan tahu gimbal ini, semua bahan-bahannya dipotong dengan menggunakan gunting. Setelah semua terpotong bahan-bahan tersebut ditata di piring yang kemudian disiram dengan saus kacang petis udang. Baca juga tempat wisata di Semarang yang paling menarik.

Ganjel Rel

Makanan khas Semarang selanjutnya adalah Ganjel Rel. Sampai saat ini belum diketahui siapa pembuat Ganjel Rel untuk pertama kalinya. Namun meskipun begitu, Anda tidak akan menyesal jika sudah menikmatinya. Ganjel Rel merupakan roti yang berwarna cokelat yang dilapisi wijen di atasnya. Roti ini memiliki tesktur roti yang agak alot dan padat. Untuk namanya sendiri kenapa dinamakan Ganjel Rel? Karena roti ini bentuknya mirip dengan bantalan rel kereta api.

Tahu Bakso Ungaran

Siapa yang tidak mengetahui tahu bakso? Setiap orang pasti suka dengan makanan yang satu ini. Tahu bakso ungaran ini sangat terkenal dengan kenikmatannya dan proses pembuatannya dengan menggunakan bahan kualitas terbaik. Ada dua jenis tahu bakso yaitu tahu bakso basah dan tahu bakso kering. Untuk oleh-oleh Anda dapat membeli yang tahu bakso basah sedangkan untuk Anda nikmati Anda dapat membeli yang kering.

Mie Kopyok

Mie kopyok merupakan salah satu makanan khas Semarang yang berbahan dasar mie. Biasanya mie kpoyol dijajakan dengan menggunakan gerobak keliling dari kampung ke kampung. Ciri khas dari mie kopyok sendiri adalah menggunakan irisan tetelan daging, kerupuk gendar dan juga tahu untuk menambah citarasa dari mie kopyok.

Demikianlah ulasan dari makanan khas Semarang yang wajib Anda nikmati. Selain itu, Anda juga dapat menikmati hidangan lainnya seperti, gudangan, wingko babat, gandos, wedang tahu dan juga kolak setup.

Baca juga artikel lainnya wisata kuliner di Semarang dan sekitarnya.

Loading...
terms: makanan khas semarang dan bahannya