Makanan Khas Semarang yang Wajib Anda Cicipi

By Categories : Wisata

Semarang merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Tengah yang kaya akan tempat wisatanya. Banyak bangunan-bangunan bersejarah yang dapat Anda temukan di kota ini, dari arsitektur Tionghoa hingga Belanda. Selain itu, Semarang juga memiliki makanan khas yang tak kalah enak dari kota-kota lainnya. Banyak orang yang sengaja berkunjung ke Semarang hanya untuk wisata kuliner menikmati berbagai makanan yang ada. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah makanan khas Semarang yang wajib Anda coba.

makanan khas semarang

Makanan Khas Semarang yang Wajib Anda Coba

Lumpia Semarang

Pada awalnya lumpia Semarang dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang pribumi atau Indonesia. Makanan yang berisi tahu, toge, telur ini merupakan salah satu makanan yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke sini. Seiring dengan berjalannya waktu ada beberapa variasi isi dari lumpia mulai dari udang, ayam, dan juga rebung. Karena lumpia tidak dapat tahan lama, sebaiknya Anda membelinya pada hari terakhir sebelum pulang agar tidak basi.

Roti Gandjel Rel

Makanan khas Semarang yang kedua adalah roti Gandjel Rel. Roti ini sudah ada pada zaman penjajahan Belanda. Dinamakan Gandjel Rel karena bentuk mirip seperti bantalan kereta api. Gandjel Rel memiliki citarasa yang manis dengan aroma kayu yang harum dan manis. Selain itu, roti ini memiliki tekstur padat, agak alot dan dihiasi dengan biji wijen di atasnya.

Tahu Gimbal

Gimbal adalah udang yang digoreng tepung. Pada umumnya gimbal memiliki citarasa yang pedas, manis dan juga gurih. Saat Anda membel tahu gimbal ada keunikan dalam menyajikannya. Yaitu, sebelum disajikan gimbal tidak dipotong dengan pisau melainkan menggunakan gunting besi. Untuk menikmati makanan yang satu ini Anda tidak perlu mengunjungi restoran terbaik di Semarang, tahu gimbal dapat Anda jumpai di pedagang kaki lima ataupun rumah makan setempat.

Mie Kopyok

Makanan khas Semarang selanjutnya adalah mie kopyok. Biasanya mie kopyok disajikan dengan lontong, krupuk gendar, tahu, tetelan daging dan juga tauge. Kemudian mie kopyok disiram dengan kuah khusus. Masyarakat Semarang juga sering disebut sebagai mie teng-teng. Mengapa? Karena para penjual saat menjajakannya sering memukul piring sehingga berbunyi “teng-teng-teng”.

Tahu Bakso Ungaran

Dari semua tahu bakso yang dijual di Semarang, yang paling terkenal adalah tahu bakso yang berada di Kabupaten Semarang yaitu, Ungaran. Biasnya ada dua jenis tahu bakso yang di jual di sana yaitu tahu bakso kering dan tahu bakso basah. Untuk tahu bakso kering dapat Anda nikmati secara langsung. Sedangkan tahu bakso basah harus Anda goreng terlebih dahulu. Tahu bakso basah sangat cocok menjadi oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang.

Tahu Pong

Makanan khas Semarang ini paling enak dimakan saat keadaan hangat dan dicoco dengan peris udang yang encer. Selain itu dapat juga dengan acar dan ulegan kasar dari cabai hijau. Umumnya tahu pong disajikan dengan telur bulat yang digoreng dan gimbal udang. Makanan khas ini enak sebagai cemilan  karena berbentuk garing dan gurih saat dimakan. Tidak seperti tahu pada umumnya, tahu pong memiliki bagian yang kosong di dalamnya. Di Semarang, penjual tahu pong yang paling terkenal berada di Jalan Gajah Mada, tepatnya di sebrang Gereja Bethel.

Pisang Plenet

Badalam bahasa Jawa, plenet diartikan sebagai penyet, artinya pisang tersebut ditekan hingga tidak berbentuk. Pisang plenet diolah dengan cara dibakar di atas bara api sampai layu dan berwarna cokelat. Kemudian ditekan atau diplenet menggunakan papan kecil yang berbentuk seperti talenan. Setelah itu, pisang dioles dengan margarin. Pisang plenet ini terdiri dari tiga pilihan rasa, yakni selai nanas dan gula putih, meises, serta sandwich pisang.

Bandeng Presto

Selain khas, bandeng presto juga merupakan oleh-oleh khas Semarang yang wajib Anda cicipi. Bandeng presto merupakan ikan bandeng yang dimasak dengan panci bertekanan tinggi atau presto sehingga duri yang berada didalamnya menjadi lunak dan dapat dimakan. Bandeng presto dapat bertahan hingga beberapa minggu asalkan dikemas ke dalam kemasan kedap udara. Untuk mendapatkan makanan khas ini Anda dapat menuju ke Jalan Pandanaran.

Wingko Babad

Sama seperti bandeng presto, makanan khas Semarang ini juga sangat mudah ditemukan di Jalan Pandanaran. Biasanya makanan ini dikemas menggunakan besek atau kardus kotak dengan isian rasa bermacam-macam. Seperti original, duren, cokelat, nangka, dan kelapa muda. Dalam satu besek atau kardus berisi sekitar 20 bungkus. Harganya pun cukup bervariasi, jika Anda membelinya di toko pusat oleh-oleh maka harganya cukup mahal. Anda dapat membelinya di pinggiran Jalan Pandanaran dengan harga yang jauh lebih murah.

Nah itulah beberapa makanan khas Semarang yang wajib Anda cicipi. Baca juga artikel lainnya Tempat honeymoon romantis di Jawa tengah.

Loading...