Makanan Khas Palembang yang Wajib Dicoba

By Categories : Makanan

Setelah pada pembahasan sebelumnya mengenai tempat wisata di Palembang serta hotel murah di Palembang, pada kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa makanan khas Palembang. Palembang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Selatan yang memiliki berbagai budaya di dalamnya. Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Palembang banyak dikenal orang dengan makanan khasnya berupa empek-empek.

Keberadaan pempek sangat populer di Indonesia dan menjadi salah satu kuliner yang banyak disukai orang. Namun tahukah Anda selain pempek, Palembang juga memiliki makanan khas lainnya. Oleh sebab itu ketika Anda berkunjung ke Palembang jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan khas berikut ini!

makanan khas palembang

Inilah Daftar Makanan Khas Palembang

Pempek

Banyak masyarakat Indonesia menyukai kuliner yang satu ini. Pempek merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan, sagu, dan juga kanji. Pempek biasanya menggunakan bahan dasar ikan tengiri serta variasi lain seperti udang, telur, tahu, serta kulit telur. Untuk menambah cita rasa dari pempek ditambahkan dengan saus cuka yang terbuat dari cabe rawit, bawang putih, gula merah, garam, dan bisa juga ditambahkan dengan udang ebi. Adapun varian pempek seperti pempek kapal selam, pempek keriting pempek tahu, pempek lenggang, dan banyak lagi.

Tekwan

Untuk makanan yang satu ini juga tidak kalah lezatnya dengan pempek. Tekwan juga diolah dengan bahan dasar ikan. Makanan ini dicampur dengan tepung sagu yang dibentuk bulat-bulat. Untuk menambah citas rasa tekwan disajikan dengan bihun, jamur kuping, kuah kaldu udang ebi, seledri, serta taburan bawang goreng. Makanan khas Palembang ini juga banyak dicari para pecinta kuliner serta cocok disantap selagi hangat.

Mie Celor

Berikutnya adalah Mie Celor yang dimasak dengan cara yang unik. Mie celor diolah bukan dengan direbus, tetapi dengan cara diseduh dengan air panas. Dengan cara pengolahannya tersebut membuat mie celor memiliki tekstur kenyal. Mie celor disajikan dengan kaldu ebi, taoge, irisan telor rebus, taburan seledri, daun bawang, serta bawang goreng. Cita rasa dari ebi dan santan menghasilkan cita rasa yang khas.

Laksan

Untuk makanan yang satu ini cukup sulit ditemukan di daerah lain. Laksan berbahan dasar ikan giling dan tepung sagu. Pada dasarnya laksan dibuat sama seperti adonan pempek. Hanya saja laksan disajikan dengan kiah santan gurih dengan taburan bawang goreng. Rata-rata makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan dengan campuran tepung sagu.

Model

Hampir sama dengan tekwan, model juga makanan khas Palembang yang disajikan dengan kaldu udang yang dicampur dengan sedikit kuah. Terapat dua macam model yakni model ikan dan model gandum. Untuk model ikan terbuat dari tepung terigu dan ikan kemudian digoreng dan disajikan dengan kuah. Sedangkan untuk model gandum terbuat dari tepung terigu dengan campuran rempah-rempah digoreng serta disiram dengan kuah kaldu. Model disajikan dengan jamur kuping, bihun, kaldu ebi, mentimun, serta campuran bawang goreng.

Kemplang

Kemplang merupakan makanan sejenis kerupuk yang memiliki rasa gurih dan garing, serta terbuat dari bahan dasar seperti pempek lenjer, yang diiris tipis dan dijemur hingga kering. Setelah kering kemplang tersebut dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang hingga mengembang. Umumnya kemplang disajikan dengan menggunakan sambal pedas.

Martabak Har

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah martabak har. Makanan ini sebenarnya berasal dari India yang dibawa oleh Haji Abdul Razak. Martabak har terbuat dari tepung yang dicampur dengan telur bebek dan ayam. Sedangkan kuahnya merupakan kari kambing yang dicampur dengan kentang. Walaupun berasal dari India, namun martabak har memiliki rasa yang lebih renyah.

Kue Maksuba

Kue khas Palembang ini terbuat dari bahan dasar telur bebek serta susu kental manis. Biasanya telur yang dibutuhkan untuk membuat kue ini sebanyak 28 butir  kemudian dibuat adonan yang mirip dengan adonan kue lapis. Kue ini memiliki rasa yang legit dan manis.

Tempoyak

Tempoyak Palembang ini terbuat dari bahan dasar daging durian yang ditumis beserta irisan cabai dan bawang. Bentuknya hampir mirip dengan saus dan biasa dinikmati sebagai pelengkap makanan. Kue maksuba memiliki rasa yang unik dan gurih. dan paling enak jika disajikan dengan pindang ikan patin.

Kue Srikoyo

Kue ini memiliki warna hijau yang berasal dari daun pandan dan berbahan dasar telur. Kue srikoyo berbentuk seperti puding dengan rasa yang manis. Kue ini biasanya disajikan dengan ketan putih dan sangat nikmat jika dimakan dalam keadaan dingin.

Es Kacang Merah

Es kacang merah di Palembang sangat populer. Saat ini banyak pedagang es kacang merah yang menyediakan rasa yang lebih variatif. Seperti dengan campuran santan atau gula merah, dan menyediakan tekstur kacang yang lembut.

Nah itulah tadi beberapa makanan khas Palembang yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Palembang.

terms: makanan khas palrmbang