Makanan Khas Padang yang Perlu Dicoba

By Categories : Makanan

Setiap daerah memiliki makanan khas tersndiri yang menjadi andalan. Misal saja di Semarang terkenal makanan khasnya seperti lumpia Semarang. Begitu juga dengan Padang atau minang yang juga dengan makanan khasnya. Yang unik dari makanan Padang yaitu makanan ini hampir tersebar di semua daerah di Indonesia. Cita rasa dari makanan khas Padang yaitu pedas, sehingga cocok untuk para penikmat kuliner pedas. Hal itulah sekaligus yang menjadi daya tarik sebagian orang untuk mencobanya. Lalu apa saja makanan khas Padang yang perlu dicoba? Berikut adalah beberapa makanan khas Padang yang bisa Anda coba.

Makanan Khas Padang yang Perlu Dicoba

Berikut Makanan Khas Padang

Rendang

Siapa yang tidak kenal dan tidak pernah mendengar dengan makanan yang disebut rendang. Hampir masyarakat Indonesia mengenal olahan yang bahannya sebagian besar dari daging sapi. Selain terkenal di Indonesia, makanan khas Padang ini juga pernah masuk ke dalam masakan terlezat di dunia dalam sebuah versi majalah. Rendang pada umumnya terbagi menjadi dua basah dan kering. Untuk bahan pembuatannya sebenarnya tidak hanya daging sapi saja, melainkan juga bisa berasal dari telur atau ikan.

Gulai Cincang

Meskipun tidak setenar dengan masakan di atas, gulai cincang juga patut Anda coba ketika datang di rumah makan Padang. Gulai cincang merupakan olahan yang memiliki cita rasa gurih dengan perpaduan rasa pedas. Bahan yang digunakan gulai cincang bisa berasal dari daging sapi dan daging kambing. Tidak kalah enaknya dengan rendang, gulai cincang hadir dengan kuah kental yang menjadi andalannya. Kuah tersebut biasanya berasal dari kaldu daging sapi atau daging kambing.

Asam Padeh

Mungkin namanya terdengar aneh bagi yang belum pernah mendengarnya. Asam padeh biasanya diolah dengan bahan daging atau ikan. Asam padeh dalam istilah bahasa Indonesia disebut dengan asam pedas yang bearti cita rasa dari masakan khas ini adalah pedas dengan kombinasi rasa asam. Cabai dan tomat merupakan kombinasi untuk menciptakan asam dan pedas.

Dendeng Batokok

Mungkin Anda sudah sering mengonsumsi dendeng. Namun tidak ada salahnya jika mencoba olahan khas dari Padang yang satu ini yaitu Dendeng Batokok. Dendeng batokok menggunakan daging sapi yang diolah dengan cara dipukul-pukul, sehingga akan memberikan kelembutan saat dikonsumsi. Ciri lain dari olahan yang satu ini adalah adanya rempah cabai hijau yang dihaluskan atau diiris kasar. Pada dasarnya dendeng batokok terdapat dua versi yaitu kering dan basah dengan sedikit kuah.

Palai Ikan

Makanan khas berikutnya dari Padang adalah palai ikan atau dalam istilah Indonesianya adalah pepes ikan. Palai bada ini terbuat dari ikan-ikan kecil yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang di atas bara api. Aroma dan rasa yang sedap menjadi ciri khas kuliner yang satu ini untuk dicoba.

Bagi Anda yang sedang berkunjung di Sumatera Barat jangan lupa mengonsumsi makanan khas di atas. Demikianlah ulasan mengenai makanan khas Padang yang perlu dicoba.

Baca juga Makanan khas Jepang.