Makanan Khas Medan yang Wajib Anda Coba

By Categories : Makanan

Merupakan salah satu kota di indonesia yang memiliki budaya yang beragam. Maka jangan heran jika di sana memiliki berbagai macam makanan khas. Sehingga hal ini menyebabkan Medan menjadi salah satu kota dengan kuliner terbaik di Indonesia. Bagi Anda yang sudah pernah ke sana pastinya sudah mengetahui apa saja makanan khas dari Medan. Jika Anda belum mengetahuinya, berikut adalah makanan khas Medan yang wajib Anda coba!

Makanan Khas Medan yang Wajib Anda Coba

Berikut Makanan Khas Medan

Sambal Tuktuk

Makanan khas Medan yang pertama adalah sambal tuktuk. Makanan ini merupakan makanan trasisional khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Pada umumnya dalam membuat sambal ini sama seperti membuat sambal pada umumnya. Yang membedakan dengan sambal yang lain adalah andalimannya. Sambal tuktuk dicampur dengan ikan kembung yang sudah dikeringkan atau yang biasa disebut dengan ikan aso-aso. Namun jika ikan ini tidak ada, aso-aso dapat diganti dengan ikan teri tawar.

Ek Krim Tip Top

Bagi Anda pecinta es krim, belum lengkap jika belum mencicipi es krim tip top khas Medan ini. Es krim ini sudah aja sejak tahun 1934 yang lalu. Jika Anda mengunjungi Medan, cobalah berkunjung ke kedai es krim untuk menccicipinya. Anda juga akan dimanjakan dengan suasana restoran Belanda tua namun terawat. Tak hanya itu saja, es krim dengan campuran tart ini pun memiliki aroma dan rasa yang sangat istimewa.

Kue Ombusombus

Makanan khas selanjutnya adalah kue ombusombus. Makanan ini berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara. Konon nama kue ombusombus berasal dari tiupan atau menghembuskan nafas ketika akan memakannya. Kue yang terbuat dari tepung beras yang diberi gula pada bagian tengahnya ini sangat nikmat jika dikonsumsi saat masih hangat. Pada acara tertentu, kue yang dibungkus dengan daun pisang ini juga akan menjadi hidangan dan biasanya dibarengai dengan kopi atau teh.

Arsik Ikan Mas

Arsik ikan mas merupakan makanan yang paling populer di kawasan Tapanuli. Dalam menyajikan makanan ini ikan mas adalah bahan utama yang harus disiapkan. Namun sisiknya tidak perlu dibuang. Bumbu khas yang harus disiapkan dalam mengolah makanan ini adalah asam cikala (buah kecombrang) dan juga andaliman. Selain itu, Anda juga harus menambahkan rempa-rempah lainnya seperti, lengkuas dan serai. Kemudian ikan dilumuri dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan dimasak dengan menggunakan minyak yang sedikit dan api yang kecil hingga matang.

Nah itulah beberapa makanan khas Medan yang wajib Anda cicipi. Selain itu ada juga mie gomak, dali ni horbo, sasagun, kacang sihobuk, itak gurgur, dengke masna niura dan juga manuk napinadar yang merupakan makanan khas Medan lainnya.

Baca juga artikel terkait mengenai Makanan khas Semarang yang Bisa Anda Coba.

Loading...