Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

By Categories : Makanan

Makanan khas lebaran tentu berbeda-beda disetiap daerah di Indonesia. Makanan yang disajikan biasanya disesuaikan dengan budaya masyarakat sekitar. Biasanya makanan tersebut selalu ada pada perayaan lebaran sebagai simbol keramah tamahan dan mengikat silaturahmi. Terdapat berbagai macam makanan yang disajikan mulai dari makanan kecil hingga besar.

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia memiliki tradisi unik yang sangat beragam ketika Idul Fitri tiba. Tradisi unik tersebut berbeda beda disetiap daerahnya. Salah satunya adalah mengenai makanan khas. Indonesia sepertinya tidak akan pernah kehabisan menu karena negara ini terdiri dari berbagai macam suku serta kebudayaan. Setiap suku biasanya memiliki cita rasa sendiri, memiliki perbedaan bahan yang digunakan serta beda cara penyajiannya.

Makanan Khas Lebaran

Akulturasi resep yang sudah ada biasanya digunakan untuk memperkaya rasa makanan khas lebaran di Indonesia. Terdapat banyak pilihan menu yang disajikan, mulai dari hidangan makanan utama hingga camilan ringan ketika lebaran. Banyak orang mengira jika makanan lebaran yang wajib ada adalah opor, gulai, soto, dan rawon. Padahal ada banyak makanan lain yang sudah ada dan merupakan makanan wajib lebaran di beberapa daerah di Indonesia.

Aneka Makanan Khas Lebaran di Indonesia

Selain makanan yang sudah dijelaskan di atas, masyarakat Indonesia memiliki segudang menu makanan yang menarik dan dapat Anda coba. Berikut beberapa menu andalan dari berbagai daerah di Indonesia.

Ayam Gagape, Makassar

Berbeda dengan opor ayam yang mudah dijumpai di daerah Jawa, di Makassar terdapat Ayam Gagape yang biasa digunakan sebagai hidangan khas lebaran. Ayam Gagape biasanya disajikan dengan menggunakan ketupat. Untuk cara membuatnya cukup mudah, pertama adalah Anda rebus potong ayam yang sudah dicampur dengan air, serai, lengkuas, kunyit, dan daun salam hingga setengah matang.

Setelah itu siapkan bumbu tumis dari bawang merah dan bawang putih, kemudian dimasak dengan ayam dan santan sambil diaduk agar santan tersebut tidak pecah. Agar mendapatkan kuah kental gurih maka Anda dapat menambahkan kelapa parut yang sudah disangrai pada proses terakhir memasak.

Kuah Labu, Aceh

Makanan khas lebaran ini selalu ada di daerah Aceh. Kuah labu merupakan iga sapi yang berkuah santan serta dicampur dengan ketupat. Hidangan lebaran ini sangat populer di Aceh. Banyak yang menganggap makanan ini mirip dengan gulai karena bumbunya menggunakan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, jahe, serta kelapa serut sangrai. Tidak ketinggalan, daun salam salam koja juga selalu menjadi rempah yang wajib ada di setiap makanan khas Aceh.

Daun salam ini mampu memberikan aroma yang khas dari Aceh. Selain iga sapi, makanan ini juga diberi tambahan dari potongan buah labu. Jenis labu yang biasa di pakai adalah labu air yang berwarna kehijauan. Yang membedakan dengan labu siam adalah labu jenis ini tidak memiliki banyak getah.

Gulai Nangka, Medan

Tidak berbeda jauh dengan Aceh, Gulai Nangka juga sering digunakan sebagai lauk pendamping ketupat ketika lebaran. Seperti namanya, gulai ini terbuat dari nangka muda yang masih segar dan berwarna putih bersih. Nangka muda tersebut dicampur dengan potongan iga dan potongan kacang. Bumbu yang digunakan untuk membuat gulai nangka adalah cabai merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, lengkuas, dan jahe. Untuk menghilangkan getah nangka biasanya buah nangka dikupas terlebih dahulu dan dicuci dengan air yang mengalir, kemudian potong menggunakan pisau yang sudah diolesi dengan minyak.

Gulai Nangka

Semur Betawi, Jakarta

Makanan khas lebaran selanjutnya adalah Semur Betawi. Semur merupakan hidangan lebaran orang Betawi yang paling populer. Semur Betawi terbuat dari potongan daging sapi dengan kuah kecap yang dimasak sampai menyusut atau nyemek. Bumbu yang digunakan berupa campuran bumbu halus dari jintan, merica, biji pala, ketumbar, jahe, lengkuas, dan garam. Sedangkan untuk bumbu tumisnya, terdiri dari bawang putih bawang merah, kayu manis, bawang bombay, daun salam, cengkih, dan serai. Makanan khas Betawi ini biasanya disajikan dengan bencok atau kentang kering goreng dan ebi halus.

Soto Banjar, Banjar

Soto Banjar selalu menjadi menu andalan masyarakat Banjar ketika lebaran tiba. Makanan ini memiliki ciri khas yaitu memiliki kuah yang ringan dan cita rasa asam segar dan dapat memberikan sensasi lain, di tengah menu lebaran yang umumnya berat. Soto Banjar terbuat dari suwiran daging ayam yang sudah digoreng, ketupat atau lontong, telur ayam, perkedel, kentang, seledri, dan bagian atasnya di taburi bawang merah goreng. Untuk bumbu yang digunakan terbuat dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, merica, dan garam. Agar lebih nikmat biasanya masyarakat Banjar menambahkan sambal rawit serta perasan jeruk nipis pada soto.

baca juga : makanan khas Lombok paling enak

Itulah beberapa makanan khas lebaran di berbagai daerah di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

loading...
terms: makanan khas lebaran dari berbagai daerah