Makanan Khas Lampung yang Wajib Anda Coba

By Categories : Makanan

Selain terkenal dengan tempat wisata dan beberapa festivalnya, Lampung juga kaya makanan khas sama seperti daerah-daerah yang ada di Indonesia lainnya. Para masyarakat Lampung adalah masyarakat yang sangat gemar bersilaturahmi dan berkumpul. Di Lampung sendiri memiliki dua masyarakat adat yaitu Lampung Pepadun dan juga Lampung Sai Batin. Kedua masyarakat tersebut memiliki kebiasaan untuk berkumpul pada saat acara pernikahan, keagamaan serta acara adat. Saat acara-acara tersebut yang mereka perlukan adalah beberapa makanan yang dapat dinikmati secara bersamaan. Berikut adalah beberapa makanan khas Lampung yang wajib Anda coba.

Makanan Khas Lampung yang Wajib Anda Coba

Makanan khas Lampung yang paling populer

Seruit

Makanan khas Lampung yang pertama adalah seruit. Seriut merupakan salah satu makanan khas yang dapat dinikmati bersama-sama. Makanan ini biasanya disajikan pada acara pernikahan, acara keagamaan ataupun acara adat yang ada di Lampung. Seruit biasanya disajikan dengan cara digoreng ataupun dibakar. Sedangkan cara menikmatinya, seruit sangat nikmat jika disantap dengan menggunakan nasi panas, tempoyak, terong bakar, jengkol, daun kemangi dan juga jambu monyet.

Tempoyak

Jika Anda asli dari Lampung pastinya sudah mengetahui apa itu tempoyak. Tempoyak merupakan masakan khas Lampung yang berasal dari buah durian yang difermentasikan. Di Indonesia sendiri tempoyak sangat dikenal di daerah Sumatera dan Kalimantan. Cara membuat tempoyak pun sangat mudah yaitu hanya dengan menyiapkan daging durian yang tidak terlalu banyak mengandung gas dan air. Setelah daging durian dipisahkan dari bijinya, campurkan sedikit garam dan simpanlah adonan tersebut di dalam kulkas. Tempoyak biasanya dimanfaatkan sebagai sambal yang biasanya dipadukan dengan ikan teri, ikan mas ataupun ikan-ikan lainnya.

Kemplang

Makanan khas Lampung selanjutnya adalah kemplang. Tak hanya Lampung saja, di daerah sumatera Selatan kemplang juga sering dijajakan sebagai oleh-oleh. Berbeda dengan kerupuk-kerupuk lainnya, kemplang merupakan kerupuk khas Lampung yang cara membuatnya tidak digoreng, melainkan dipanggang. Cara menikmati kerupuk ini pun biasanya dicocok dengan cuka ataupun dengan sambal.

Sambal Lampung

Jika Anda penyuka pedas, tidak ada salahnya untuk mencoba dan membeli sambal ini jika Anda berada di Lampung. Sambal Lampung terkenal dengan rasanya yang sangat pedas. Biasanya sambal ini dikemas dalam botol-botol kaca kecil, sehingga ini sangat praktis dan memudahkan para pembeli untuk membawanya. Tak hanya itu saja, sambal Lambung juga merupakan salah satu oleh-oleh yang paling populer dan paling banyak diburu para wisatawan.

Pindang

Selanjutnya adalah pindang, jika biasanya pindang hanya diolah dengan cara digoreng, pindang khas Lampung dimasak dengan kuah berwarna kuning, jika Anda belum pernah merasakannya, pindang khas Lampung memiliki rasa seperti Tom Yam khas Thailand.

Nah itulah beberapa makanan khas Lampung yang dapat Anda coba. Baca juga tentang Makanan khas padang yang perlu Anda coba.

Loading...
terms: makanan