Makanan Khas Korea Selatan Paling Terkenal di Dunia

By Categories : Makanan

Korea Selatan tidak hanya terkenal dengan musik dan juga dramanya saja.  Namun makanannya pun tak lepas dari perbincangan di seluruh dunia. Bahkan, ada beberapa orang yang mengunjungi Korea Selatan hanya  untuk menikmati makanan khasnya langsung dari negara tersebut. Setiap daerah di Korea Selatan memiliki makanan khas yang variatif menurut musim. Dalam bahasa Korea ini dinamakan “hyangto eumsik” yang artinya masakan daerah. Baca juga tempat makan enak di Bandung.

Restoran Korea di Jakarta

Jika Anda pernah mengunjungi negeri gingseng ini tentunya Anda pernah mencicipi makanan khas Korea Selatan tersebut. Lalu bagaimana rasanya? Tentu saja memiliki cita rasa yang berbeda dari masakan Indonesia. Penasaran kan apa saja makanan khas Korea Selatan? Simak artikel berikut ini!

Daftar Makanan khas Korea Selatan

Kimchi atau Kimchee

Makanan khas Korea Selatan yang pertama adalah Kimchi. Kimchi merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari sayuran yang difermentasikan. Biasanya sayuran tersebut adalah mentimun, kubis, sawi, lobak putih yang dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah seperti,  jahe, bawang bombai, bawang putih dan juga bubuk cabai. Kimchi memiliki rasa yang pedas dan sedikit asin. Selain enak, kimchi juga dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Ramyeon atau Ramen

Ramyeon merupakan mie instan versi Korea. Ternyata tak hanya orang Indonesia saja yang gemar mengonsumsi mie instan, tetapi orang Korea pun sama. Jika Anda pernah menonton drama atau film Korea, pastinya Anda pernah melihat adegan pemainnya makan mie ramen. Biasanya, ramen versi Korea di sajikan langsung bersama panci dan juga tutupnya. Ramen versi Korea memiliki tekstur yang lembut dengan kuah yang kental dan sangat pedas. Dalam pembuatannya, biasanya mie ramen ditambahkan dengan kimchi, daging ataupun sayuran.

Sannakji atau gurita hidup

Pernakah Anda menonton film Thailand yang berjudul ‘Hello Stanger’? jika Anda pernah menontonnya, pastinya Anda sudah mengetahui bagaimana cara memakannya. Ya benar, sanankji merupakan gurita yang cara penyajiannya langsung disajikan dalam keadaan hidup. Biasanya, sannakji disajikan dengan cara dipotong kecil-kecil ataupun langsung dinikmati secara langsung dengan menambahkan biji wijen dan juga minyak. Namun, dalam menikmatinya Anda harus hati-hati. Saat gurita masih hidup, tentunya ia masih memiliki tentakel yang masih hidup juga. jika tidak hati-hati, tentakel tersebut dapat menempel pada tenggorokan dan dapat membuat Anda tersedak.

Kimbab

Makanan khas Korea Selatan selanjutnya adalah kimbab. Jika dilihat secara fisik, makanan khas Korea Selatan yang satu ini mirip dengan sushi. Namun, yang membedakannya adalah dalam menikmati kimbab tidak menggunakan wasabi. Kimbab terbuat dari nasi yang digulung dengan menggunakan rumput laut kering yang memiliki isi bervariatif seperti, bulgogi, telur, daging, sayur, sosis, ikan dan juga biji-bijian.

Jjajangmyeon

Makanan Korea ini berbentuk mie khas yang dicampur dengan kedelai hita, kental, potongan daging dan sayuran. Hampir mirip dengan mie ayam yang ada di Indonesia, mie untuk membuat Jjajangmyeon terbuat dari tepung terigu dan berukuran besar. Makanan ini biasanya disajikan menggunakan saus yang tebuat dari pasta kedelai hitam yang sudah dimasak menggunakan bawang bombay dan daging giling. Untuk kuah menggunakan air kaldu yang ditambah sedikit pasta kedelai dan meizena agar kuah lebih kental. Sebelum dimakan, jjajangmyeon harus diaduk terlebih dahulu agar saus tercampur rata.

Miyeok Guk  atau Sup Rumput Laut

Sup ini biasanya dibuat dengan merendam rumput laut setelah itu dimasukan ke dalam air kaldu sapi atau ikan tergantung selera. Sup rumput laut tersebut kemudian dibumbui dengan kecam, minyak wijen, dan bawang putih. Di Korea, makanan ini biasanya dikonsumsi oleh wanita yang baru melahirkan karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu, miyeok guk juga baik untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Karena itu memakan sup rumput laut pada acara ulang tahun merupakan tradisi yang terus dilakukan masyarakat Korea hingga kini  untuk mengingatkan Anda pada makanan pertama yang ibu makan.

Japchae atau Chapchae

Makanan ini terbuat dari mie tepung ubi yang dimasak dengan berbagai macam campuran sayuran, seperti wortel, jamur, bayam, yang diiris tipis kemudian diberi kecam serta gula. Japchae biasanya disajikan dengan garnish irisan cabe serta biji wijen atau dengan daging.

Kue Beras atau Tteok

Kue beras merupakan makanan khas berikutnya yang berasal dari tepung beras ketan yang dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng. Makanan ini sangat identik dengan perayaan di Korea Selatan. Terdapat tradisi makan kue beras saat hari pertama tahu baru sebagai tanda keberuntungan dan bertambahnya usia.

Nah, itulah beberapa makanan khas Korea Selatan yang perlu Anda ketahui. Lantas, makanan  mana yang menjadi favorit Anda?

Baca juga artikel terkait lainnya wisata kuliner di Malang.

Loading...