Makanan Khas Jogja yang Wajib Anda Coba

By Categories : Makanan

Berkujung ke Daerah Istimewa Yogyakarta tentunya tidak lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta dan juga mencicipi makanan khas Jogja. Seperti yang Anda ketahui kota yang terkenal dengan sebutan kota pelajar ini memiliki banyak makanan dan jajanan yang dijual baik diresto ataupun di jalanan. Jika Anda sudah ke Jogja namun masih bingung untuk mencicipi makanan apa saja, berikut adalah makanan khas Jogja yang wajib Anda coba!

Makanan Khas Jogja yang Wajib Anda Coba

Makanan khas Jogja Paling Enak dan Terkenal

Bakpia Pathok

Makanan khas Yogya yang pertama adalah Bakpia Pathok. Hampir setiap orang yang mengunjungi Jogja pastinya mereka akan membeli bakpia pathok sebagai oleh-oleh. Saat ini sudah banyak bakpia dengan berbagai macam rasa seperti rasa keju, rasa durian dan juga rasa buah lainnya. selain rasanya yang nikmat harga dari bakpia pathok ini pun bervariasi. Anda dapat membelinya sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Gudeg

Siapa yang tidak mengetahui Gudeg? Setiap orang baik dari wisatawan dalam hingga luar negeri mengetahui makanan yang satu ini. Makanan ini terbuat dari bahan utama yaitu nangka muda dan dimasak bersama dengan santan. Dengan rasanya yang manis dan ditambah dengan sambal kreceknya yang renyah membuat yang satu ini sangat populer di nusantara. Gudeg biasanya disajikan dengan ayam kampung, telur, sambal goreng krecek dan tentunya dengan nasi hangat. Para turis biasanya akan memilih gudeg kering untuk dibawa pulang ke negaranya masing-masing.

Oseng –oseng mercon

Jangan kaget dulu dengan namanya. Oseng–oseng mercon tidak dibuat dari mercon sungguhan melainkan dari tetelan sapi yang dimasak dengan cabai rawit hingga menimbulkan aroma yang kuat dan tentunya rasa yang sangat pedas. Jika Anda akan berlibur ke Jogja, jangan lupa untuk mencicpi makanan yang satu ini. karena rasa pedas pada oseng-oseng mercon dijamin dapat membangkitkan nafsu makan Anda.

Sate klatak

Makanan khas Yogya selanjutnya adalah sate klatak. Sate klatak merupakan salah satu sate yang dimasak tanpa menggunakan bumbu dan hanya menggunkan garam saja. Tak hanya itu, sate ini pun memiliki ciri yaitu dimasak dengan menggunakan ruji sepeda. Sehingga saat dipanggang di atas api, akan menimbulakn bunyi gemeletak. Oleh karena itu sate ini dinamakan sate klatak.

Tempe benguk

Benguk merupakan tanaman yang sejenis dangan koro. Untuk nama latinnya yaitu Mucuna Pruriens yang merupakan bahan tempe benguk itu sendiri. Makanan yang satu ini memiliki citarasa gurih di dalamnya. Hal ini karena pembuatan makanan ini menggunakan santan yang akan diserap ke dalam tempe benguk. Jika Anda menikmati makanan ini, lebih nikmat jika ditambah dengan geblek.

Nah itulah beberapa makanan khas Jogja yang dapat Anda coba.

Baca juga artikel mengenai Tempat wisata terbaik di Indonesia.

Loading...
terms: oleh oleh khas solo yang terkenal, makanan tahan lama khas lampung