Makanan Khas India Paling Populer

By Categories : Makanan

Negara India memang terkenal sekali dengan masakan yang kaya akan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Selain itu masakan India memiliki rasa yang sangat unik dibandingkan dengan makanan khas dari negara lainnya. Hal ini dikarenakan adanya perpaduan rempah-rempah makanan khas dari negara tetangga seperti Timur Tengah dan Asia Tengah. Oleh karena itulah masakan India memiliki varian rasa yang sangat enak dan unik karena dipengaruhi oleh banyak peradaban dan budaya di dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang mulai menggemari makanan India. Nah bagi Anda yang juga termasuk penggemar makanan India berikut akan kami jelaskan mengenai makanan khas India, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

mkanan india

Kuliner Khas India Paling Teerkenal

Chatt

Makanan khas India yang pertama adalah chatt. Makanan ini merupakan camilan yang peling populer di negara India bagian utara. Makanan ini sering dijadikan sebagai menu makanan pendamping di berbagai lestauran elit di India. Tikki Ki Chatt merupakan nama lain dari makanan khas India yang satu ini. Chatt adalah terbuat dari bahan dasar kentang yang ditumbuk halus dan disajikan bersama kuah yang berisi dengan rempah-rempah khas India yang akan membuat setiap orang ketagihan setelah mencicipinya.

Naan

Naan merupakan roti tradisional India yang terbuat dari tepung terigu dan ragi. Biasnaya makanan khas India yang satu ini bisa banyak kita temui disetiap lestoran di India. Hal ini dikarenakan naan merupakan sebagai makanan pengganti nasi. Naaan sendiri memiliki berbagai varian rasa diantaranya gurih dan manis. Yang menjadi ciri khas dari roti yang satu ini dibandingkan dengan jenis roti lainnya adalah cara memasaknya yang menggunakan oven yang terbuat dari tanah liat atau di Indonesia yang disebut dengan tungku.

Kaali Daal

Makanan khas India selanjutnya adalah Kaali Daal atau yang sering disebut dengan Ma Ki Daal. Makanan ini merupakan salah satu hidangan yang tidak kalah populer di antaran makanan khas lainnya di India. Kaali Daal jika di India sering disebut dengan makanan khas orang miskin, hal ini dikarenakan karena tampilannya yang sangat sederhana hanya nasi berkuah dengan berbagai rempah-rempah di dalamnya. Tapi meskipun begitu ternyata masakan yang satu ini memiliki harga yang cukup mahal.

Chole

Makanan khas India yang selanjutnya adalah Chole atau kari kacang. Hidangan India yang sangat sederhana ini juga salah satu makanan yang menjadi favorit orang India. Hal ini dikarenakan memiliki harga yang murah dan juga memiliki rasa yang enak. Chole sering digunakan sebagai hidangan pembuka sebelum menyantap makanan yang berat lainnya.

Biryani

Kuliner yang satu ini dibuat dengan bahan dasar berupa nasi khusus yang disebut dengan basmati. Yang membedakan dengan nasi biasanya adalah terletak pada panjang dan besarnya nasi. Jadi nasi basmati memiliki tekstur yang lebih besar dibanding dengan nasi biasanya. Untuk menjadi Biryani, nasu tersebut dioalah menggunakan paduan rempah-rempah seperti kunyit, merica, lada, serta kuah yang khusus untuk biryani. Nasi biryani disajikan dengan daging kambing atau ayam.

Butter Chicken

Untuk membuat butter chicken dibutuhkan bahan-bahan seperti merica, bawang putih, jinten, kunyit, ketumbar, mentega, dan kayu manis. Dari bahan tersebut maka menghasilkan bumbu khas butter chicken. Setelah bumbu siap Anda padukan dengan daging tanpa tulang kemudian dimasak  hingga matang. Soal pedas, tergantung selera Anda.

Sambar dan Idli

Sambar merupakan makanan India yang dibuat dari kacang hitam dan nasi yang sudah difermentasi. Sedangkan idli adalah makanan yang berbentuk sayuran rebus yang memiliki rasa pedas. Makanan khas India ini sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sambar dan idli sangat disukai masyarakat India karena memiliki kandungan lemak yang cukup rendah.

Palak Peneer

Bahan yang digunakan untuk membuat palak penner adalah bayam dan keju. Kedua bahan tersebut dicampurkan dengan rempah-rempah kemudian semua bahan dihaluskan agar memiliki tekstur yang lembut menyerupai bubur. Biasanya makanan yang satu ini digunakan sebagai makanan pengganti sayuran dengan rasa pedas.  Palak Penner sangat nikmat jika disajikan dangan yoghurt. Selain lezat juga mampu untuk memperlancar pencernaan. Makanan ini sangat populer bagi vegetarian di India.

Ayam Tandoori

Makanan ini merupakan perpaduan antara ayam, yoghurt, bumbu, serta berbagai macam rempah-rempah. Ayam tandoori juga sudah diakui dunia karena kelezatannya. Masakan ini sangat mudah dijumpai di rumah-rumah India. Hal ini karena makanan tradisional ini sangat mudah untuk dibuat dan sangat populer di India. Biasanya orang India menyajikan makanan ini dengan potongan besar dan disajikan bersama roti.

Nah itulah beberapa makanan khas India yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel lainnya Makanan Khas Papua Paling Terkenal.

terms: makanan chatt india, masakan khas india