Makanan Khas Aceh Paling Enak dan Terkenal

By Categories : Makanan

Aceh merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki kekayaan alam, pengetahuan ilmu, kekayaan agama dan juga budaya. Oleh karena itu kota yang mendapatkan julukan Serambi Mekkah ini tak hanya terkenal dengan wisata budayanya saja, akan tetapi Aceh juga terkenal dengan makanan khas yang enak dan dapat membuat orang yang mencicipinya tidak mau berhenti mengonsumsinya.

Nah bagi Anda  yang berkunjung ke sini jangan hanya menikmati tempat wisata yang ada di sana, Anda juga harus mencicipi berbagai macam makanan khas Aceh yang paling terkenal. Penasaran kan apa saja makanannya? Berikut ulasannya.

Rujak Aceh

Daftar makanan Khas Aceh paling populer

Mie Aceh

Makanan khas yang pertama adalah mie Aceh. Sama seperti mie pada umumnya mie Aceh dapat dinikmati dengan dua cara yaitu dengan cara digoreng ataupun direbus. Namun yang membedakan mie Aceh dengan mie lainnya adalah lauknya. Mie Aceh seringkali dimakan dengan dengan menggunakan kepiting, daging ataupun seafood lainnya. Meskipun saat ini mie Aceh sudah banyak ditemukan di daerah lainnya di Indonesia, akan tetapi menikmati mie Aceh langsung dari kota asalnya tentu saja lebih nikmat dan enak.

Rujak Aceh

Siapa yang tidak mengenal rujak? Hampir setiap orang pernah mengonsumsi makanan yang satu ini. Rasanya yang segar membuat makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca terik. Sama seperti mie Aceh, rujak Aceh juga berbeda dengan rujak lainnya. jika rujak biasanya menggunakan buah, rujak Aceh menggunakan buah rumbia khas Aceh. Buah tersebut daunnya seringkali dimanfaatkan untuk membuat atap rumah. Rujak ini sangat nikmat dimakan dalam keadaan dingin.

Sate Matang

Pada umumnya sate dimakan dengan menggunakan bumbu kacang ataupun bumbu kecap. Namun makanan khas Aceh yang satu ini disajikan bersama dengan kuah soto. Dinamakan sate matang karena sate ini berasal dari daerah Matang, Bireuen, Aceh. Saat ini sate matang juga dapat ditemui diberbagai daerah di Indonesia, mulai dari Medan bahkan Jakarta.

Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek merupakan makanan yang berbahan dasar itik atau bebek. Meskipun saat ini sudah banyak masakannya. Namun masakan yang satu ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan masakan bebek lainnya. Gulai itek dari Aceh yang paling terkenal adalah dari Bireun, di sana masakan kuah sie itek bumbunya sangat terasa. Jika penasaran Anda bisa mencicipinya langsung di Aceh ataupun di restoran-restoran khas Aceh di sekitar tempat tinggal Anda.

Ayam Tangkap

Berikutnya adalah ayam tangkap. Makanan yang satu ini adalah masakan yang berbahan dasar ayam goreng dengan kombinasi lainnya berupa daun teumuru, salam koja dan juga cabai hijau. Ayam tangkap disajikan berupa potongan-potongan ayam dan disembunyikan di bawah tumpukan gorengan bawang dan cabai. Ayam tangkap sangat nikmat jika disantap dengan menggunakan nasi putih hangat.

Kuah Beulangong atau kari Aceh

Makanan ini disebut dengan kuah beulangong karena dimasak pada belangga yang berukuran besar. Aroma masakan ini sangat nikmat dan mengundang selera. Kuah kari disajikan pada siang hari dengan potongan daging sapi dan kambing. Bumbu tradisional yang dihasilkan sangat kuat. Jika Anda berada di Aceh, makanan ini cukup mudah untuk dijumpai karena hampir setiap rumah makan khas Aceh menyajikan ini. Jika Anda takut tekanan darah naik karena mencicipi makanan ini, Anda dapat pesan timun serut.

Martabak Aceh

Makanan khas Aceh selanjutnya adalah martabak Aceh. Martabak ini memiliki tampilan yang beda dengan martabak lainnya. Martabak ini menggunakan lumpia yang dibalut dengan telur kemudian dicampur dengan bawang merah, daun bawang, dan cabai. Agar lebih lezat biasanya martabak Aceh disajikan dengan menggunakan acar bawang merah dan cabai rawit. Martabak ini cukup murah, yakni sekitar Rp 8 ribu per pori.

Kue Bhoi

Kue ini berbentuk seperti ikan koi yang diolah dengan cara dipanggang. Jika Anda berkunjung ke Aceh maka kue ini dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Hal ini karena kue bhoi dapat bertahan hingga berbulan-bulan tanpa menggunakan bahan pengawet. Kue bhoi paling enak disajikan dengan teh manis. Untuk mendapatkan makanan khas ini Anda dapat mengunjungi sentral kue tradisional yang berada di Lampisang Aceh.

Kopi Aceh

Salah satu hal yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Aceh adalah kopi. Kopi Aceh memili citarasa dan aroma yang khas. Jenisnya pun cukup beragam, mulai dari Arabica, Robusta, dan Luwak. Di Aceh terdapat beberapa tempat ngopi yang cukup populer, salah satunya adalah kopi Solong di daerah Ulee Kareng. Atau jika Anda menginginkan ngopi dengan sesuatu yang bertema Anda dapat menuju ke daerah Batoh. Di sini sepanjang jalan akan dijumpai berbagai warung kopi menarik.

Demikianlah ulasan mengenai makanan khas Aceh paling enak dan terkenal.

loading...
terms: makanan tradisional enak, makanan yg paling enak