Makanan dan Minuman yang Mengandung Antibiotik Alami

By Categories : Makanan

Pada umumnya antibiotik berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga ini akan membuat tubuh membentuk sistem pertahanan terhadap infeksi dari bakteri dan virus yang merugikan. Akan tetapi penggunaan antibiotik yang berlebihan justru akan menghabiskan kekebalan tubuh dan membunuh bakteri-bakteri baik dalam tubuh. Jika ini selalu terjadi, hal ini akan membuat beberapa bakteri kebal terhadap antibiotik. Sehingga ini akan membuat penyakit bertahan lebih lama dalam menyerang kita. Selain mengonsumsi obat ataupun antibiotik pemberian dokter, Anda pun dapat menggunakan antibiotik alami agar tubuh tetap sehat. Berikut adalah makanan yang mengandung antibiotik alami yang dapat Anda konsumsi.

Makanan dan Minuman yang Mengandung Antibiotik Alami

Daftar antibiotik alami yang dapat Anda coba

Teh hijau

Makanan dan minuman yang mengandung antibiotik alami yang pertama adalah teh hijau. Manfaat teh hijau untuk kesehatan sudah terbukti sejak lama. Selain bermanfaat untuk diet, teh hijau juga dapat Anda manfaatkan sebagai antibiotik alami. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau berguna untuk menangkal radikal bebas yang akan menyerang tubuh. Selain itu, teh hijau juga  mengandung kafein yang rendah sehingga  minuman ini sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda.

Minyak oregano

Yang kedua adalah minyak oregano penelitian yang dilakukan oleh Paul Belaiche, minyak oregano mampu membunh 92% bakteri neisseria, 96% bakteri pneumococcuc, bakteri staphylococcus dan juga bakteri proteus. Bakteri neiseria sering ditemukan pada penyakit meningitis dan gonorehea. Sedangkan bakteri staphylococcus seringkali ditemukan pada makanan beracun dan untuk bakteri proteus sendiri ditemukan pada infeksi usus. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengonsumsi minyak oregano. Minyak ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, seperti anorexia, demam, tenggorokan, infeksi luar serta sakit tenggorokan.

Bawang putih

Makanan dan minuman yang mengandung antibiotik alami selanjutnya adalah bawang putih. Sudah sejak dahulu bawang putih dipercaya sebagai antibiotik alami. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung alicilin serta zat theurapeutic yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit  dan juga untuk mempercepat penyembuhan. Menurut hasil penelitian bawang putih telah terbukti lebih efektif untuk mengobati keracunan makanan dibandingkan dengan obat-obatan yang di pasaran. Tak hanya itu saja, bawang putih juga mampu menurunkan gula darah serta kolesterol dalam tubuh.

Kayu manis dan jus apel

Menurut penelitian  The Independent dari London menyatakan bahwa kayu manis yang ditambahkan pada jus apel dan dikonsumsi dalam 3 hari berturut-turut mampu membunuh bakteri jahat 99,5% dalam tubuh. Tak hanya itu saja,  rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan ini pun mampu melawan bakteri jahar lainnya, seperti campylobacter dan juga salmonela.

Nah itulah beberapa makanan dan minuman yang mengandung antibiotik tinggi. Selain itu, madu, bawang merah serta propolis juga merupakan salah satu bahan alami yang mengandung antibiotik tinggi.

Loading...