Makanan Bersifat Asam Dapat Menyempitkan Pembuluh Darah

By Categories : Berita

Senyawa basa dan asam tidak saja terjadi dialam semesta, ternyata basa dan asam juga berlaku didalam tubuh dari sumber makanan yang kita konsumsi setiap hari. Yang dimaksud Asam disini bukan kategori rasa namun makanan bersifat asam yang dapat mempengaruhi pembuluh darah.

Sifat basa dan asam juga tidak terpengaruh oleh warna dan bentuk. Tetapi sifat asam dan basa ini dapat diketahui lewat kandungan pelbagai bahan pembentuk makanan. Sedangkan sayur, buah seperti sayuran, jeruk nipis, kiwi, stroberi, nanas, kangkung, bayam, wortel, tempe, tahu adalah makanan bersifat basa.

Adapun karbohidrat atau hidrat arang yang umumnya ada pada makanan pokok menjadi makanan pembentuk asam pada tubuh. Contohnya kentang, nasi, jagung, ubi, sagu, mie, daging sapi, daging kambing, daging unggas, susu dan ikan.

Tidak perlu dihafalkan, yang perlu tahu bahwa hampir semua sayur dan buah yang memiliki kandungan air tinggi merupakan makanan pembentuk basa, dan semua makanan yang mengandung tinggi protein termasuk kategori makanan pembentuk asam,” kata Andang Widhawari Gunawan, seorang ahli terapi nutrisi.

“Dari teori kedokteran, darah kita bekerja dengan normal jika pH-nya pada titik 7,4-7,6, dan lebih spesifik lagi pada titik 7,369. Maka darah kita bisa bekerja dengan baik dan normal, kekentalannya bagus. Jika kekentalannya normal maka berarti oksigen juga normal, jika aliran darah lancar maka berarti aliran oksigen juga akan lancar,” jelasnya.

Menurutnya, dalam kondisi sehat pembuluh darah berdinding tipis dan bersih, dan juga aliran oksigen serta sari makanan juga akan lancar. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh atau bakteri akan berakibat darah jadi asam.

Maka kemudian, tubuh akan mulai memproduksi jenis protein yang dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya aliran darah akan semakin cepat. Meskipun hal ini terjadi dalam proses waktu yang cukup lama. Salah satu gejala ketika pembuluh darah menyempit yakni apabila kita merasakan pegal-pegal pada bagian tubuh.

Semoga informasi yang kami sajikan tentang Makanan Bersifat Asam Dapat Menyempitkan Pembuluh Darah, dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Sehingga kita dapat lebih waspada dan selalu berusaha menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

terms: asam dapat menyempitkan pembuluh, cara mempersempit pembuluh darah, cara menyempitkan pembuluh darah, makanan yang mempersempit pembulu darah