Macam-macam Media Tanam Hidroponik

By Categories : Umum

Media tanam hidroponik merupakan salah satu bagian penting yang harus dipersiapkan untuk menunjang keberhasilan pertumbuhan serta perkembangan tanamam hidroponik itu sendiri. Hidroponik merupakan suatu budidaya tanaman yang memanfaatkan air akan tetapi tanpa memanfaatkan tanah. Oleh karena itu, seseorang yang ingin menanam tanaman hidroponik harus mengetahu media tanam yang baik.

Media Tanam Hidroponik

Media tanam hidroponik yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti tidak mengandung garam laut, mengandung bahan kapur, tidak mengandung organisme  penyebab penyakit dan hama, dapat menyerap dan dapat mengantarkan air serta tidak mudah lapuk. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah macam-macam media tanam untuk tanaman hidroponik yang bisa dicoba.

Inilah media tanam hidroponik paling populer

Spons

Yang pertama adalah spons. Seperti yang kita ketahui spons biasanya digunakan untuk mencuci piring ataupun membersihkan alat-alat rumah tangga lainnya. Namun tak hanya itu saja kegunaan spons. Jika spons di biarkan di alam terbuka, terkena panas dan hujan maka spons tersebut dapat ditumbuhi lumut hijau dan rumput lainnya. Dan tentu saja, spons juga dapat digunakan sebagai media tanam tanaman hidroponik. Akan tetapi sampai saat ini, belum banyak yang menggunakan cara ini.

Media arang sekam

Media arang sekam saat ini sudah banyak digunakan dan dapat ditemukan dengan mudah di toko alat pertanian. Arang sekam merupakan sekam yang sudah dibakar, sehingga media ini terbebas dari kuman dan microorganisme. Media tanam ini mampu memberikan hasil terbaik untuk memproduksi sayuran dan pembibitan pohon.

Pasir

Media tanam hidroponik selanjutnya adalah pasir. Tak hanya digunakan untuk bangunan saja, pasir juga bisa dimanfaatkan untuk pembenihan tanaman pantai dan pegunungan. Beberapa tanaman tersebut yang dapat di tanam secara hidroponik adalah buah kelapa dan biji kacang sand bean.

Serbuk kayu

Hampir setiap orang sudah pernah menggunakan serbuk kayu sebagai media tanam. Serbuk kayu biasanya digunakan untuk tanaman yang memerlukan kelembaban yang sangat tinggi. Seseorang yang ingin budidaya jamur, sangat cocok menggunakan serbuk kayu sebagai media tanamnya.

Rockwool

Berikutnya adalah menggunakan rockwool. Sama seperti arang sekam, rockwool juga merupakan media tanam hidroponik  yang sangat populer. Namun Anda harus berhati-hati ketika menggunakan rockwool. Ini karena rockwool memiliki pH 7,8 sehingga dapat meningkatkan pH larutan nutrisi. Penggunaan yang baik dapat membuat tanaman yang ditanam menjadi lebih baik dan subur.

Perlite

Perlite adalah kaca vulkanik amorf yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Hal tersebut dibentuk karena hidrasi oksidasi, perlite biasanya digunakan untuk penetasan telur hewan. Namun tak hanya itu saja, perlite juga mampu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang di tanam.

Nah itulah macam-macam media tanam hidroponik yang bisa Anda gunakan. Baca juga artikel lainnya jenis tanaman hias indoor paling populer.