Macam-Macam Komponen Motherboard dan Fungsinya

By Categories : Teknologi

Teknologi komputer memang sangat membantu dikehidupan manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Mulai dari para pelajar sampai dengan orang dewasa menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan mereka. Tak heran jika saat ini hampir setiap rumah memiliki komputer. Komputer terdiri dari CPU yang di dalamnya terdapat berbagai komponen hardware yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Komponen Motherboard

Komponen hardware di dalam CPU mempunyai fungsi sebagai alat bantu dari motherboard dalam menjalankan fungsi yang banyak. Motherboard menjadi tempat untuk komponen hardware seperti RAM, prosesor, dan banyak lagi. Nah pada pembahasan kali ini membahas mengenai macam-macam komponen motherboard beserta fungsinya yang bisa membantu Anda untuk mengetahui sekaligus dapat dijadikan sebagai media dalam pembalajaran mengenai teknologi komputer. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Berikut Macam-Macam Komponen Motherboard dan Fungsinya

Chipset

Chipset atau prosesor merupakan salah satu komponen motherboard yang memiliki fungsi penting dalam kinerja komputer. Chipset berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan prosesor dengan berbagai macam macam komponen eksternal lainnya. Secara umum terdapat dua jenis chipset yang digunakan yakni chipset Intel dengan prosesor Intel dan chipset AMD untuk prosesor AMD. Sampai saat ini keberadaan kedua jenis chipset tersebut masih merajai dunia komputer.

CPU Socket

Komponen ini merupakan tempat untuk prosesor dipasang dan menjadi salah satu komponen motherboard yang memiliki fungsi dan peran sangat besar dalam komputer. CPU Socket memiliki beberapa macam jenis guna menentukan model prosesor yang akan digunakan.

Bios

Bios atau Basic Input Output System merupakan komponen pada Motherboard yang memiliki fungsi untuk mengontrol perangkat keras atau hardware yang telah terpasang pada komputer. Selain itu BIOS juga akan bertanggung jawab ketika komputer sedang melakukan booting. Saat ini kehadiran BIOS mulai tergantikan dengan kehadiran dari UEFI yang tentunya memiliki teknologi yang lebih canggih. Dalam bentuk fisik BIOS maupun UEFI berbentuk seperti chip.

Battery CMOS

Komponen motherboard berikutnya adalah Battery CMOS. Battery CMOS memiliki fungsi untuk memberikan daya untuk BIOS serta untuk menyimpan segala pengaturan pada BIOS. Adapun bentuk dari Battery CMOS ini adalah menyerupai battery pada jam tangan, tetapi memiliki ukuran yang lebih besar.

Power Connector

Tidak kalah pentingnya dengan komponen-komponen di atas, Power Connector berfungsi untuk menghubungkan antara motherboard dengan power supply yang merupakan perangkat keras untuk memerikan daya listrik kepada motherboard. Dengan begitu komputer dapat menyala ketika dihubungkan pada stop kontak.

VGA Slot

VGA Slot berfungsi untuk melakukan instalasi kompinen video card atau dikenal dengan graphic card. Untuk komputer saat ini VGA Slot dapat berupa PCI Exprees. Sementara untuk motherboard kelas high end dapat menampun sampai dengan 3 graphic card sekaligus.

CPU Fan

CPU Fan merupakan sebuah benda yang melekat pada motherboard yang berfungsi untuk mendinginkan beberapa komponen hardware seperti prosesor yang akan panas ketika dalam keadaan menyala atau saat digunakan.

Memory Slot

Memory Slot berfungsi untuk tempat dimana RAM akan dipasang. Sampai saat ini Memory Slot memiliki jenis yang berbeda-beda seperi DDR2, DDR3, sampai dengan yang terbaru yakni DDR4. Saat ini motherboard memiliki Memory Slot tidak hanya 1 saja bahkan sampai dengan 6 slot sekaligus.

Port Lan

Port Lan berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan kabel LAN yang berguna agar komputer dapat mengakses internet.

Nah itulah tadi beberapa komponen motherboard dan fungsinya yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Cara merawat Harddisk pada lemot.

loading...