Macam-macam Kelainan Pada Mata

By Categories : Kesehatan

Mata merupakan salah satu alat indera manusia yang memiliki peranan penting bagi setiap manusia. Hal ini karena mata berfungsi untuk melihat semua yang ada disekeliling kita, dan tentu saja organ ini dapat membantu pekerjaan manusia dengan mudah. Oleh karena itu penting sekali mengetahui cara merawat kesehatan mata dengan tepat. Karena jika tidak di rawat mata pun dapat terserang penyakit yang dapat menurunkan fungsinya. Nah berikut adalah macam-macam kelainan pada mata yang perlu diwaspadai.

Macam-macam Kelainan Pada Mata

Waspadailah kelainan pada mata berikut ini

Katarak

Kelainan yang pertama adalah katarak. Seiring dengan bertambahnya usia, fleksibilitas mata akan semakin mengalami penurunan. Begitu pula dengan kejernihan dan ketebalan mata. Pada awalnya, gejala katarak diawali dengan adanya noda putih pada lensa. Meskipun kacamata serta cahaya dapat membantu penglihatan Anda, akan tetapi hal tesebut akan mengganggu keseharian. Gejala lainnya dari penyakit ini adalah sulit melihat pada malam hari, pandangan mata kabur dan sensitif terhadap cahaya. Katarak yang sudah parah dapat menyebabkan radang serta sakit kepala. Jika sudah begini operasi katarak merupakan solusi untuk mengatasi hal ini.

Rabun dekat

Yang kedua adalah rabun dekat. Rabun dekat atau yang disebut dengan hipermetropi adalah gangguan yang disebabkan oleh lensa mata yang terlalu pipih. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang berusia 40 tahun ke atas. Beberapa gejala yang sering di alami penderita rabun dekat adalah sakit kepala, mata berair, mata kemerahan serta kesulitan membaca. Rabun dekat menyebabkan pendertinya tidak dapat melihat obyek dekat dengan jelas, namun sebaliknya ia sangat jelas ketika melihat obyek yang jauh.

Rabuh jauh

Kebalikannya dari rabun dekat, kelainan pada mata yang satu ini menyebabkan seseorang tidak mampu melihat obyek yang jauh akan tetapi mampu melihat dengan jelas pada obyek dekat kondisi ini sering disebut dengan istilah miopia. Rabun jauh disebabkan karena lensa mata terlalu cembung sehingga bayangan benda jatu di depan retina. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara mennggunakan kacamata lenxa cekung. Kacamata tersebut dapat membantu penderita menempatkan bayangan tepat pada retina.

Buta warna

Berikutnya adalah buta warna. Dalam banyak kasus buta warna disebabkan karena faktor genetika dari salah satu orang tua. Namun tak hanya itu saja buta warna juga dapat disebabkan karena efek samping penggunaan obat atau gangguan kesehatan yang sebelumnya sudah ada. Beberapa penyakit penyebab buta warna adalah alzheimer, parkinson, glaukoma, neuritis, diabetes serta anemia sel sabit. Seseorang penderita buta warna dapat dibantu dengan menggunakan kacamata lensa warna ataupun kacamata dengan lensa yang dapat mengurangi cahaya. Hal ini karena pendeita buta warna tidak mampu membedakan warna jika terlalu terang.

Nah itulah beberapa macam-macam kelainan pada mata.

Baca juga artikel tentang Tips menjaga kesehatan mata.

Loading...