Liburan Ke Jepang? Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Khas Jepang Ini!

By Categories : Wisata

Siapa yang tidak tahu Jepang? Hampir setiap orang mengetahui negera yang satu ini. Selain terkenal dengan makanan khas, tempat wisata di Jepang hingga para masyarakatnya yang memiliki wajah oriental, Jepang juga memiliki oleh-oleh yang menarik untuk dibeli ketika berkunjung ke negri sakura ini. Nah Bagi Anda yang masih bingung memilih oleh-oleh, berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas Jepang yang harus di Beli ketika berkunjung ke Negeri Matahari Terbit ini.

Oleh-Oleh Khas Jepang

Rekomendasi oleh-oleh khas Jepang terbaik

Satu set yukata

Yang pertama adalah satu set yukata. Ketika Anda mengunjungi daerah Asakusa dan Akihabara di Jepang, oleh-oleh yang tidak boleh ketinggalan untuk dibeli adalah set yukata. Satu set yukata biasanya terdiri dari sebuah yukata, obi, himo (benang yukata) dan juga sandal geta. Dan terkadang set yukata juga dilengkapi dengan tas kecil yang menarik. Jika dibandingkan kimono, set yukata memiliki harga yang lebih terjangkau.

Sumpit

Yang kedua adalah sumpit. Sumpit merupakan salah satu peralatan makan yang sering digunakan masyarakat Jepang. Bagi pecinta makanan, membeli oleh-oleh ini tentu saja lebih baik. Rekomendasi toko sumpit terbaik di Jepang adalah di Hashi Mikura. Hashi Mikura sendiri menjual berbagai macam model sumpit dari yang sederhana hingga yang elegan berukiran emas.

Replika makanan plastik atau sampuru

Oleh-oleh khas Jepang selanjutnya adalah replika makanan khas Jepang dari plastik. Anda bisa membeli replika makanan plastik yang menyerupai  sushi dan masih banyak lagi. Replika makanan tersebut dapat digunakan untuk tempelan kulkas, pemberat kertas dan lainnya. Memberikan oleh-oleh yang satu ini kepada kerabat tentu saja akan menjadi kejutan bagi mereka.

Benda-benda unik bertema kucing

Berikutnya adalah benda-benda unik bertema kucing. Bagi Anda pecinta kucing, membeli oleh-oleh ini adalah pilihan yang tepat. Di Jepang sendiri benda berbentuk kucing khususnya boneka keramik digunakan untuk mendatangkan keberuntungan dalam hidup terutama dalam berbisnis. Selain keramik, ada juga benda-benda unik lainnya yang bertema kucing, seperti tas, jam tangan, baju dan lainnya.

Boneka Geisha

Boneka geisha juga dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Jika dibandingkan dengan boneka lainnya, boneka geisha ini tentu saja memiliki keunikan tersendiri. Boneka dengan riasan dan rambut khas geisha ini seringkali digunakan sebagai boneka pajangan di rumah-rumah.

Kendama

Kendama adalah mainan tradisional Jepang yang berupa bola dan benang. Mainan tradisional yang berbentuk seperti palu ini sudah ada sejak tahun 1700-an yang lalu. Namun hingga saat ini kendama masih populer di kalangan orang Jepang. Tak hanya itu saja permainan ini juga sering dilombakan tingkat nasioal di Jepang. Mainan ini sangat cocok Anda berikan kepada seseorang yang menyukai barang-barang antik.

Nah itulah beberapa oleh-oleh khas Jepang paling unik dan menarik. Selain itu, saat berkunjung ke Jepang, Anda juga harus mencoba beberapa kuliner yang tentunya menggugah selera. Berikut beberapa makanan khas Jepang yang bisa Anda coba.

Makanan khas Jepang  yang wajib Anda coba

  • Mochi. Makanan khas Jepang ini memiliki bentuk yang bulat dan lonjong dengan warna warni seperti hijau, merah, putih, dan kuning. Bahan dasar untuk membuat makanan ini adalah beras ketan yang sudah dihaluskan kemudian dibentuk bulat dan lonjong. Makanan ini wajib disajikan saat perayaan tradisional Mochitsuki. Sensasi saat pertama kali makan Mochi  adalah tektur lembut yang lama-kelamaan akan menjadi lengket saat di dalam mulut.
  • Dorayoki. Makanan ini cukup populer di Jepang dan menjadi makanan favorit tokoh kartun, Doraemon. Dorayaki memiliki bentuk bulat dan terlihat sedikit ceper dan memiliki rasa yang manis sehingga dorayaki disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Rasa manis dari kue Dorayaki ini berasal dari madu.
  • Yakiniku. Selain oleh-oleh khas Jepang, Anda juga harus mencoba makanan khas yang satu ini. Yakiniku terbuat dari bahan dasar daging yang dimasak dengan cara dibakar dan dipanggang begitu saja. Daging yang digunakan biasanya menggunakan daging sapi, domba dan jerohan. Biasanya yakiniku dibentuk atau dipotong segi empat dan ditusuk dibagian tengahnya. Hampir mirip dengan satu namun yakiniku berukuran lebih besar.
  • Onigiri. Menu makanan Jepang yang satu ini sangat sering kita lihat di film-film ninja. Hal ini karena onigiri pada zaman dahulu digunakan olah orang Jepang sebagai makanan bekal. Makanan ini berbentuk segitiga dan bulat. Selain itu, makanan ini juga sering disebut dengan nama omusubi.
  • Teriyaki. Salah satu makanan khas Jepang ini sangat terkenal di Indonesia. Teriyaki memiliki rasa yang khas dan sedap. Biasanya makanan ini dibuat dnegan menggunakan bahan dasar ikan atau daging.
  • Ramen. Mie ramen sangat terkenal hampir di seluruh dunia. Nama lain dari masakan ini adalah chuka soba. Biasanya mie ramen dicampur dengan kuah kaldu yang di dalamnya berisi menma, irisan daun bawang, dan chasiu.