Lezatnya gudeg pawon Yogya

By Categories : Makanan

Lezatnya gudeg pawon Yogya sudah terkenal dimana-mana. Bahkan banyak warga yang rela datang dari tempat jauh seperti Semarang, solo dan kota-kota lainnya hanya untuk mencicipi kelezatan Gudeg pawon Yogya. Gudeg sendiri merupakan makanan khas daerah Jawa Tengah, dan yang paling terkenal tentunya gudeg Yogya. Banyak penjual gudeg dari yogya yang sukses dengan bisnisnya karena rasa gudeg yang manis dan gurih mudah diterima oleh masyarakat luas.

Lezat dan nikmatnya gudeg pawon Yogya

Gudeg sendiri merupakan makanan yang dalam pembuatannya cukup memakan waktu. Bahan utama gudeg ini adalah nangka muda, dan biasanya akan dimasak pula bersama dengan telur. Setelah melalui proses memasak yang panjang, gudeg akan menjadi coklat. Warna yang coklat banyak disebut akibat penggunaan dari daun jati, karena pada saat memasak gudeg, memang salah satu bahan yang wajib dugunakan adalah daun jati. Rasanya yang manis dan gurih merupakan rasa yang dihasilkan oleh gudeg ini. Dalam penyajiannya, gudeg akan dilengkapi dengan ayam kampung, tahu, telur, dan sambal goreng krecek. Tidak lupa areh atau kuah santan kental turut melengkapi makanan tradisional ini.gudeg pawon nikmat

Meskipun banyak penjual gudeg di yogya yang menawarkan rasa yang sangat menarik, namun gudeg pawon jogya tidak kalah dalam bersaing. Hal ini bisa kita dengan panjangan antrian setiap hari yang berebut untuk mencicipi masakan khas Yogya ini. Dinamakan gudeg pawon karena para pecinta kuliner yang hendak menikmati gudeg ini wajib mengambil ke dapur secara langsung. Kata pawon sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang artinya dapur. Jadi Gudeg pawon adalah gudeg dapur. Yang membuat gudeg pawon semakin digemari adalah rasa manis dan gurih yang benar-benar pas di lidah, hal inilah yang membuat gudeg pawon semakin digemari. Gudeg pawon sendiri telah berdiri sejak tahun 1958 silam, yang mana pada awalnya sang penjual hanyalah penjual gudeg keliling. Rasa gudeg yang special karena tidak mengandung endapan santan, yang orang biasa menyebutnya kethak adalah kunci utama kelezatan gudeg ini. Karena rasa yang lezat, banyak pelanggan yang tidak sabar menunggu sang penjual gudeg datang, sehingga para pembeli lebih memilih langsung ke dapur. Oleh karena itulah diberi nama Gudeg Pawon Yogya.

Lezatnya gudeg pawon Yogya bisa anda nikmati di jalan Dr. Soepomo Umbulharjo, dan penjualan berlangsung dari pukul 22.30 WIB hingga pagi pukul 05.00wib. Lokasinya yang berada di tengah perkampungan warga tidak membuat surut para pecinta kuliner untuk antri berjam-jam demi mencicipi masakan ini. Jalan termudah menuju Gudeg pawon jogya bisa melalui jalan Kusumanegara dan berbelok masuk jalan Janturan, ke arah menuju kampus UTY. Tempat yang ditawarkan juga sangat tradisional, seakan membawa kita kembali ke jaman dahulu, apalagi diikuti dengan suasana pawon yang mempertahankan cara memasak secara alami dan sentuhan modern sama sekali. Sekali mencoba gudeg ini, maka rasa ketagihan akan senantiasa mendatangi anda.