Lebih Cepat dan Murah, Inilah Cara Membuat Pakan Lele Organik

By Categories : Umum

Semakin mahalnya pakan pelet yang tersedia di toko, membuat para peternak lele mencari terobosan baru. Salah satunya yaitu dengan cara membuat pakan lele dari bahan-bahan organik. Pakan organik selain bahan-bahannya mudah didapat, jenis pakan yang satu ini tentu saja memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pelet.

Cara Membuat Pakan Lele Organik

Dari pengalaman seseorang yang pernah mencoba membuat pakan alternatif untuk ikan lele yang satu ini, mereka menyatakan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk pakan lele hingga hari panen lebih sedikit serta hasil panennya pun lebih maksimal. Pakan lele organik biasanya dibuat dari kotoran sapi, kambing ataupun hewan lainnya. Namun kotoran ini tidak serta merta dikonsumsi langsung oleh lele. Melainkan memanfaatkannya sebagai pakan alternatif untuk ikan lele.

Selain murah, beberapa keuntungan menggunakan  pakan organik adalah pertumbuhan lele akan seragam dan panennya akan lebih singkat, lele lebih berbobot  serta lele hanya membutuhkan pelet sebanyak 20 kg saja per 1000 lele sampai panen.

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat pakan lele organik, Anda harus menyiapkan terlebih dahulu apa saja alat dan bahan untuk membuat pakan lele organik tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Inilah cara membuat pakan lele organik dengan mudah

Alat yang dibutuhkan

  • Drum yang ada tutupnya
  • Ember
  • Gayung
  • Dan alat-alat lainnya

Bahan yang dibutuhkan

  • 10 kg kotoran sapi yang sudah didiamkan sekitar 1 minggu atau 5 hari.
  • Probiotik cair,probiotik yang biasa digunakan adalah biocatfish, EM4 dan lainnya. Anda juga boleh tidak menggunakan probiotik akan tetapi waktu penimbunan akan semakin lama.
  • Air, berikutnya adalah air. Air digunakan untuk melumatkan kotoran sapi yang sudah kering ataupun kotoran yang sudah mengeras. Jangan terlalu encer saat mengencerkan kotoran sapi tersebut. Idealnya adalah yang kental jangan terlalu encer.

Cara pembuatan pakan lele:

  1. Siapkan 10 kg kotoran sapi yang sudah diencerkan. Setelah itu masukkan adonan kotoran sapi tersebut ke dalam drum. Lalu tuangkan probiotik sebanyak 20 tutup botol atau sekitar 200 ml ke dalam kotoran sapi tersebut. Aduk rata hingga tercampur sempurna dan tutup hingga rapat.
  2. Diamkan selama 24 jam ramuan tersebut agar terjadi fermentasi. Pada proses ini jangan biarkan ada udara yang masuk karena udara yang masuk dapat menggagalkan fermentasi tersebut. Jadi usahakan drum tersebut tidak memiliki lubang dan pastikan tertutup rapat.
  3. cara membuat pakan lele organik selanjutnya adalah buatlah lubang di drum tersebut setelah 24 jam fermentasi. Anda bisa melubangi tutup ataupun membuka seperempat tutup saja. biarkan udara masuk ke dalam minimal 7 hari, semakin lama akan semakin bagus.
  4. Setelah 60 hari, drum tersebut akan banyak cacing yang hidup di sana. Ini menandakan bahwa proses pembuatan telah berhasil dan pakan siap digunakan.
  5. Pakan tersebut sangat cocok untuk lele yang masih berukuran tidak lebih besar dari 2 jari ataupun untuk lele pada saat pembenihan.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat pakan lele.

Baca juga cara memelihara ikan lele yang benar.

terms: pakan lele murah