Kuota Cepat Habis? Ketahui Penyebab Berikut ini!

By Categories : Umum

Kuota atau paket data sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas internet pada smartphone atau tablet. Ketika kuota habis, secara otomatis aktivitas browsing internet akan berhenti. Hal ini mengharuskan para pengguna untuk membeli paket kuota lagi. Ini tentu akan sangat menjengkelkan, terlebih lagi ketika sedang browsing untuk hal penting.

Meskipun beberapa penyedia layanan internet memberikan paket data unlimited atau tidak terbatas, namun tetap memiliki keterbatasan dalam kecepatan koneksi saat internet. Nah agar paket kuota Anda tidak cepat habis, sebaiknya Anda memulai mengatur penggunaan melalui smartphone atau tablet Anda. Selain itu Anda juga perlu mengetahui apa saja penyebab kuota cepat habis.

Kuota Cepat Habis

Berikut adalah Penyebab Paket Kuota Cepat Habis

Mengunggah Video ke Youtube

Salah satu penyebab paket data cepat habis adalah aktivitas mengunggah video ke Youtube. Mengunggah file video ke Youtube tentunya membutuhkan kuota yang tidak sedikit. Hal tersebut tentu akan menguras kuota dan mengakibatkan kuota menjadi cepat habis. Terlebih lagi jika ukuran video yang diunggah memiliki kualitas tinggi dengan ukuran file besar. Untuk itu bagi Anda yang tidak mau kehabisan kuota terlalu cepat, sebaiknya Anda menggunakan koneksi WIFI saja untuk mengunggah video.

Sering Streaming Video

Selain mengunggah video memakan jumlah kuota yang banyak, sama halnya dengan streaming video. Streaming video dapat memberikan hiburan tersendiri bagi para penontonnya. Terlebih jika terdapat trailer film baru yang sudah beredar. Namun yang perlu Anda ketahui sering streaming video dapat menyebabkan paket kuota cepat habis, apalagi jika Anda memilih dengan kualitas tinggi seperti 1080 HD.

Melakukan Video Call

Melakukan video call melalui Skype atau aplikasi video call lainnya dapat membantu seseorang berkomunikasi dengan orang lain di jarak yang berbeda. Untuk melakukan video call tentunya masing-masing memiliki smartphone dengan sensor kamera depan ditambah terdapat aplikasi untuk medianya. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa sering melakukan video call dapat menyebabkan paket kuota daya cepat habis. Untuk itu kurangi obrolan video atau bisa menggantinya dengan jaringan WiFi.

Bermain Game Online

Bermain game online menjadi hiburan tersendiri bagi para pengguna smartphone. Untuk game online tertentu yang memiliki kapasitas tidak terlalu besar memang tidak langsung menghabiskan kuota internet. Namun bagi game yang memiliki grafis tinggi serta ukuran yang cukup besar, justru membutuhkan kuota besar akibatnya adalah kuota menjadi cepat habis.

Melakukan Streaming Musik

Penyebab kuota cepat habis yang terakhir adalah sering melakukan layanan streaming musik. Layanan streaming musik sangat praktis untuk didengarkan bagi para pecinta musik. Dengan adanya koneksi internet lancar, layanan streaming musik mudah untuk dilakukan. Namun di sisi lain, perlu Anda ketahui bahwa memutar musik secara online dengan resolusi 320 Kbps akan menyedot kuota sekitar 2,4 MB per menitnya. Bayangkan saja jika Anda streaming dalam 1 jam sudah menghabiskan sebanyak 115 MB.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab kuota internet cepat habis yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel liannya mengenai Tips melindungi perangkat Android.