Kumpulan Sistem Indera Pada Manusia

By Categories : Pendidikan

Membahas mengenai sistem indera pada manusia mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut karena sudah banyak dipelajari sejak mulai usia dini. Tapi tidak ada salahnya jika kita untuk membahasnya kembali. Nah apakah Anda tahu sistem indera tersebut ? Sistem indera atau alat indera merupakan alat tubuh yang memiliki fungsi untuk mengetahui keadaan luar. Sistem indera manusia sering disebut dengan panca indera manusia. Tubuh kita memang dilengkapi dengan organ rangsangan dari luar berupa sistem indera.

Kumpulan Sistem Indera Pada Manusia

Setiap indera terdiri atas urat saraf yang membawa rangsangan ke pusat saraf dan secara langsung akan direspon oleh tubuh manusia. Sistem indera ini hanya dapat bekerja dengan baik, jika tidak terdapat gangguan pada alat penerima rangsangan tersebut. Nah berikut ini akan kami jelaskan mengenai sistem indra pada manusia. Manusia memiliki 5 sistem indera yang dapat Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

Inilah Sistem Indra Pada Manusia

Sistem Indera Penglihatan (Mata)

Sistem indera pada manusia yang pertama adalah indera penglihatan yaitu mata. Mata merupakan indera yang berfungsi untuk peka terhadap rangsangan cahaya. Mata itu sendiri terletak dalam rongga mata yang dilindungi oleh tulang tengokorak dan adapun struktur yang terdapat pada organ mata. Organ mata bagian luar terdiri dari alis mata, bulu mata, kelopak mata, kelenjar air mata. Sedangkan untuk organ mata bagian dalam terdiri dari otot penggerak mata, iris, pupil, retina, lensa mata, vetreous humor dan aqueous humor.

Sistem Indra Pendengaran (Telinga)

Selanjutnya adalah sistem indra pendengaran yaitu telinga. Telinga merupakan sistem indera manusia yang berfungsi untuk merespon untuk mengenali getaran bunyi dan untuk keseimbangan. Dalam sistem indera pendengarana (telinga) memiliki tiga bagian utama dari telinga diantaranya bagian telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. nah untuk  menjaga kesehatan telinga Anda bisa membaca artikel ini tips membersihkan telinga yang aman.

Sistem Indera Pembau (Hidung)

Sistem indera pada manusia yang ketiga adalah pembau atau hidung. Alat organ pembau yaitu hidung adalah indera yang memiliki fungsi untuk mengenal aroma dan sebagian dari alat pernapasan manusia. Adapun proses pembau dapat berjalan dengan baik hal ini dikarenakan adanya hasil rangsangan kimia dalam gas terhadap serabut pembau yang merupakan salah satu struktur organ hidung.

Sistem Indra Pengecap (Lidah)

Indera pengecap atau lidah adalah salah satu dari sistem indera pada manusia yang memiliki fungsi sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang memiliki banyak tunas pengecap. Lidah sendiri terdiri dari 2 otot yaitu intrinsik yang berfungsi untuk melakukan gerakan halus dan otot ekstrinsik untuk gerakan kasar.

Sistem Indera Peraba (Kulit)

Sistem indera pada manusia yang terakhir adalah sistem indera peraba yaitu kulit. Kulit manusia memeiliki fungsi untuk merasakan respon dari rangsangan yang terdapat disekitarnya. Kulit manusia itu sendiri terdiri atas epidermis dan dermis yang memiliki fungsi masing-masing dalam melindungi organ dalam tubuh manusia.

Baca juga artikel terkait lainnya Inilah Pengertian dan  Perbedaan DNA dan RNA.

Loading...
terms: sistem indera pada manusia, sistem indra