Kulit Kering dan Gatal? Hindari Kebiasaan Buruk Saat Mandi Ini!

By Categories : Kesehatan

Kulit halus dan lembab merupakan impian bagi setiap orang. Namun tidak sedikit orang yang selalu mengeluhkan bahwa kulitnya sering gatal, menjadi kering  dan bahkan timbul infeksi pada kulit. Selain disebabkan karena tidak cocok pada produk kecantikan yang digunakan, tahukah Anda bahwa kulit kering dan gatal juga dapat disebabkan karena kebiasaan buruk saat mandi? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kebiasaan mandi yang dapat membuat kulit menjadi kering, iritasi dan juga gatal.

Kulit Kering dan Gatal

Kebiasaan saat mandi yang menyebakan kulit rusak

Menggunakan spon yang kasar

Yang pertama adalah menggunakan spon yang kasar. Sebenarnya menggosok badan dengan spon tidak perlu dilakukan ketika tubuh tidak terkena kotoran yang tampak. Hal ini dikarenakan menggosok semua bagian tubuh dapat menghilangkan minyak alami pada kulit serta  menghilangkan bakteri baik yang berguna untuk membantu kulit agar terlindung dari eksim, jerawat dan penyakit kulit lainnya. Bagian tubuh yang sebaiknya digosok dengan menggunakan spon adalah di daerah lipatan tangan, kaki, selakangan dan ketiak.

Mandi dengan air hangat

Yang kedua adalah mandi dengan air hangat. Sebenarnya mandi dengan menggunakan air hangat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya yaitu dapat merilekskan tubuh. Akan tetapi pastikan air hangat tersebut jangan terlalu panas. Karena menurut Melissa Piliang, MD, ahli dermatologi dari Klinik Clevaland, selain dapat mengeringkan kulit, suhu air yang masih terlalu panas dapat menyebabkan eksim dan iritasi  pada kulit.

Tidak menggunakan alas kaki

Penyebab kulit kering dan gatal selanjutnya adalah tidak menggunakan alas kaki ketika berada di dalam kamar mandi umum. Tahukah Anda bahwa kutu air dan kulit dapat berasal dari kamar mandi umum? Oleh karena itu, dr Piliang juga mengingatkan bahwa sebaiknya Anda memakai sandal jepit ataupun sepatu mandi ketika berada di kamar mandi umum. Karena hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menghindarkan Anda dari berbagai macam masalah kulit.

Menggunakan sabun antibakteri setiap hari

Sabun yang  memiliki kandungan antibakteri ternyata lebih membahayakan kulit ketimbang melindunginya. Hal ini dikarenakan sabun antibakteri mengandung diterjen keras yang dapat menghilangkan minyak alami di kulit. Sehingga sangat rentan membuat kulit kering dan iritasi. Tak hanya itu saja, kebanyakan sabun juga menggunakan triclosan. Meskipun tidak berbahaya bagi manusia, akan tetapi US Food and Drug Administration (FDA) menyatakan bahwa studi yang dilakukan pada hewan triclosan dapat mengubah kadar hormon.

Tidak membersihkan pisau cukur

Kata Sanford Vieder, MD, dari Lakes Urgent Care di Michigan, pisau cukur yang tidak dibersihkan setelah digunakan dan di simpan di dalam kamar mandi dapat menjadi sarang kuman. Oleh karena itu, pastikan Anda membilasnya dengan menggunakan air panas sebelum dan sesudah menggunakannya. Dan ada baiknya untuk mengganti pisau cukur seminggu sekali jika sering digunakan.

Nah itulah beberapa kebiasaan buruk saat mandi yang dapat menyebabkan kulit kering dan gatal.

Baca juga daftar makanan untuk mengatasi kulit kering.

Loading...
terms: kulit kering dan gatal