Kriteria Hijab Syar’i Yang Harus Diketahui Para Wanita Muslim

By Categories : Wanita

Seperti yang Anda ketahui, memakai hijab merupakan salah satu kewajiban setiap wanita muslim. Saat ini memang sudah banyak para anak perempuan yang mengenakan hijab. Namun dengan tujuan apakah seseorang mengenakan hijab tersebut? Ingin benar-benar mendekatkan diri kepada Allah SWT atau hanya sekedar tampil modis dengan mengenakan hijab. Baca juga pakaian untuk interview yang baik dan sopan.

Pada dasarnya, seseorang seseorang yang sudah siap berhijab harus siap pula mengenakan hijab yang sudah di atur menurut Islam, yaitu hijab syar’i. Hijab syar’i merupakan hijab yang dikenakan berfungsi untuk menutupi dadanya. Lantas apa saja kriteria hijab syar’i yang harus diketahui para wanita muslim? Simak penjelasannya berikut ini!

fitri-aulia-biutifa.com_

Kriteria hijab syar’i yang harus diketahui para wanita muslim

Tidak ketat dan longgar

Seseorang yang menggunakan hijab syar’i harus memilih dan menggunakan pakaian yang longgar atau tidak ketat. Hal ini bertujuan untuk tidak menunjukkan lekuk tubuh yang seharusnya memang tidak boleh ditonjolkan. Maka dari itu, para kaum muslim sebaiknya memperhatikan hal ini. karena pakaian ketat dan sempit dapat menggambarkan bentuk tubuh seperti, dada, betis, pinggang dan anggota tubuh yang lainnya.

Menutupi seluruh badan selain yang dikecualikan

kriteria hijab syar’i yang harus diketahui para wanita muslim yang kedua adalah menutupi seluruh badan selain yang dikecualikan. Oleh karena itu, sebaiknya mereka (para wanita muslim) menutupi seluruh bagian tubuh dan menutupi perhiasan mereka dengan menggunakan kerudung kepada seseorang yang bukan muhrimnya kecuali suami, ayah, bapak mertua atau putra-putranya. Yang dimaksud pengecualian di sini adalah wajah dan juga telapak tangan.

Tidak menyerupai pakaian wanita kafir

Seperti yang kita ketahui, zaman sekarang ada banyak kaum perempuan yang mengenakan pakaian yang sembarangan dan cenderung mengikuti model pakaian ala barat. Hal ini terjadi karena dampak globalisasi.  Sebaiknya Anda (para wanita muslim) dapat menyaring segala sesuatu yang memasuki negara kita. Salah satunya yaitu cara berpakaian ala orang barat.

Tidak menggunakan parfum berlebih

Menurut Agama Islam, seorang wanita yang menggunakan wewangian kemudian ia melewati kaum lelaki yang bukan muhrimnya agar mereka mencium wanginya, maka ia merupakan salah satu wanita pezina. Jika seorang wanita yang menggunakan wewangian yang berlebih sholat di masjid, maka Allah tidak menerima shalatnya. Naudzubillah min dzalik.

Nah itulah beberapa kriteria hijab syar’i yang harus diketahui para wanita muslim. Selain hal tersebut, seseorang yang menggunakan hijab syar’i harus menggunakan kain pakaian yang tebal dan tidak tembus pandang, tidak terlalu mencolok yang dapat menarik perhatian semua orang dan juga tidak menyerupai laki-laki.

Semoga dengan artikel di atas kita sebagai orang muslim dapat menjadi seseorang yang lebih baik dan bermanfaat bagi seseorang  yang membutuhkan kita. Amin :)

Baca juga artikel lainnya penampilan saat melamar pekerjaan agar sukses.