Kontrol Nafsu Ngemil Dengan Piring Merah

By Categories : Berita

Berat tubuh ideal memang selalu menjadi dambaan setiap insan, terutama kaum wanita. Maka kita perlu menjaganya dengan cara mengatur pola makan yang baik dan mengontrol nafsu makan. Warna merah sebenarnya identik dengan pembakar semangat, pemicu motivasi, serta bisa juga pemberi kesan suka dan sedang bergembira. Maka tak heran jika beberapa restoran terkemuka menggunakan warna ini sebagai warna dominan interiornya.

Kontrol Nafsu Ngemil Dengan Piring Merah

Banyak kalangan juga yang percaya, bahwa ketika menggunakan perabot atau sedang berada ditempat yang menggunakan warna interior merah maka seseorang tersebut akan merasa lebih bersemangat dan tentunya akan berpengaruh pula pada selera makan.

Dikutip dari Dailyhealth, sebuah temuan terbaru justru menyimpulkan fakta yang bersimpangan. Mengkonsumsi makanan dengan memakai piring berwarna merah dapat memicu untuk mengurangi hasrat makan dan mengurangi jumlah suapan ke mulut. Hasil temuan ini melibatkan 240 orang yang telah diumumkan pada jurnal Apetite.

Peserta diminta untuk makan popcorn dan chocolate chips yang dihidangkan dengan piring berbagai warna, putih, merah dan biru. Responden yang makan popcorn dan chocolate chips di piring warna merah menghabiskan lebih sedikit daripada yang diberi cemilan di piring biru atau putih.

Maka para Peneliti menyimpulkan bahwa warna merah melambangkan pesan hati-hati dan berhenti. Warna ini juga digunakan pada traffic light yang melambangkan hal serupa. dan ternyata Hal ini berpengaruh pada orang saat makan. Mereka cenderung berhati-hati dan terpicu untuk berhenti makan dengan segera.

Namun penelitian ini bukanlah kesimpulan sempurna, dan masih perlu adanya penelitian lebih mendalam. Sebab dalam temuan ini, peneliti tidak menjelaskan pada partisipan tentang tujuan dari makan di piring putih, merah atau biru. Ini Artinya, efek penggunaan piring merah ini dialami secara tidak sadar oleh para peserta.

Meski peneliti belum bisa dipastikan apakah efeknya sama jika para peserta makan di piring merah secara sadar (tahu), yang bertujuan agar jumlah makannya lebih sedikit. Namun tentu tak ada salahnya jika trik ini dicoba.

Hasil Penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya yang mengatakan, bahwa makan di piring berwarna kontras dengan warna makanan akan membuat jumlah porsi makan lebih sedikit. Contohnya saat meletakkan chocolate chips di piring warna putih, makanan tersebut akan tampak lebih jelas dilihat sehingga membuat anda lebih fokus dengan berapa jumlah yang telah diambil dan dimakan.

Tetapi dalam penelitian ini, terbukti bahwa cokelat chips di piring warna merah (warna antara makanan serta alat makan tidak kontras) lebih sedikit dimakan dibanding yang ada di piring biru atau putih.