Kisah Sukses Pendiri Facebook

By Categories : Bisnis

Siapa yang tidak kenal dengan jejaring sosial Facebook? Sebagai pengguna internet tentu pernah mendengar atau mengetahui Facebook. Facebook merupakan salah satu jejaring sosial paling populer sampai saat ini. Di balik kepopuleran Facebook tentu terdapat orang yang berada di baliknya. Mark Zuckerberg bersama teman-temannya mendirikan jejaring sosial Facebook yang sampai saat ini jumlah pengguna aktif di seluruh dunia mencapai angka 1 miliar. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kisah sukses pendiri Facebook yang sekaligus menjadi orang yang sukses di usianya yang masih muda, simak pembahasannya di bawah ini!

Kisah Sukses Pendiri Facebook

Berikut Kisah Sukses Pendiri Facebook

Bernama Lengkap Mark Elliot Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984 di White Plains New York. Sejak kecil Mark suka mengotak-atik komputer serta menyukai dunia pemrogaman komputer. Ketika masih berumur 12 tahun Mark sudah mampu membuat program messaging sederhana untuk digunakan oleh kantor ayahnya yang merupakan seorang dokter gigi. Sang ayah sendiri sudah membelikan komputer sendiri ketika usianya masih 8 tahun. Dengan program tersebut resepsionis tidak perlu berteriak-teriak untuk memanggil pasien sang ayah.

Kemudian Mark melanjutkan sekolah menengah di Phillips Exeter Academy bersama temannya yakni D’Angelo untuk membuat plug-in guna MP3 player Winamp. Mereka membuat plug-in ini untuk keperluan pengguna terhadap jenis lagu serta dapat membuat sebuah playlist berdasarkan selera pengguna. Tidak hanya sampai disitu saja, mereka juga mengirimkan program tersebut kepada perusahaan Microsoft dan juga AOL (American Online).

Kemudian pada tahun terakhir di sekolah menengah tersebut ia direkrut oleh Microsoft dan AOL dalam suatu proyek. Ketika melanjutkan kuliah keduanya harus berpisah untuk Mark masuk ke universitas ternama yakni Harvard, sedangkan untuk D’Angelo masuk ke Caltech.

Di universitas tersebut Mark menemukan ide guna membuat buku direktori mahasiswa secara online. Akan tetapi ketika dirinya menawarkan diri untuk membuat direktori tersebut, pihak kampus menolaknya. Meskipun ditolak dirinya mencari cara untuk mewujudkannya. Kemudian proyek pertamanya adalah CourseMatch yang membuat teman-temannya dapat berkomunikasi satu sama lain melalui website tersebut.

Di tahun kedua Mark menyabot data mahasiswa di Harvard serta memasukkan ke dalam website dengan nama “Facemash”. Dengan websitenya tersebut juga tidak berjalan mulus, pasalnya Mark dianggap mencuri data. Kemudian Mark meminta maaf kepada teman yang fotonya masuk ke dalam website “Facemash”.

Pada bulan Februari tahun 2004, Mark Zuckerberg kembali meluncurkan website dengan nama TheFacebook.com yang sekaligus menjadi cikal bakal dari Facebook dari kamar asrama di universitas Harvard. Dirinya menciptakan bersama temannya yakni Chris Hughes, Dustin Mozkovitz, dan Eduardo Saverin.

Kemudian pada bulan Mei 2004 Mark Zuckerberg justru memutuskan untuk DO (Drop Out) dari Harvard. Hal ini dia lakukan untuk fokus dalam pengembangan Facebook di Silicon Valey yang merupakan wilayah pusat teknologi di Negeri Paman Sam. Mark yang bertemu dengan pendiri PayPal yakni Peter Thiel mendapatkan dana besar yakni 500 ribu USD untuk kantor pertamanya pada pertengahan 2004. Pada tahun 2006 Facebook dapat digunakan oleh siapa saja. Baca Kisah Sukses Pendiri Instagram

Pada awalnya berdirinya Facebook juga tidak berjalan dengan mulus. Mark Zuckerberg dituduh kembali mencuri ide pembuatan dari teman di bangku kuliahnya. Pada tahun 2008 lalu Facebook sepakat untuk membayar saudara kembar Winklevoss dan Divya Narendra sebanyak 65 juta USD untuk penyelesain masalah kasus pencurian ide.

Facebook pernah menolak tawaran dari pihak Yahoo yang pernah berniat untuk membeli dengan harga fantastis yakni 1 Miliar USD. Dengan penolakannya tersebut saat ini Facebook justru memiliki pengguna aktif lebih dari 1 miliar pengguna di dunia. Penghasilan Facebook saat ini mencapai ratusan miliaran dolar Amerika Serikat dan membuat Mark Zuckerberg menjadi pemuda terkaya di dunia.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai kisah sukses pendiri Facebook. Dengan kesuksesannya tersebut Mark Zuckerberg tak lepas dari ide serta usaha yang keras meski pernah mengalami kegagalan. Baca Tips Sukses Bisnis Bagi Pemula

Loading...