Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah Berjerawat

By Categories : Kesehatan

Khasiat minyak zaitun untuk wajah berjerawat memang dapat membantu seseorang untuk tampil percaya diri kembali. Jerawat merupakan salah satu permasalahan pada kulit yang cukup mengganggu penampilan seseorang. Jerawat dapat meninggalkan bekas luka yang buruk dan dapat membuat seseorang kurang percaya diri. Untuk mengatasi hal tersebut saat ini sudah banyak beredar produk sintetis yang mengklaim dapat menghilangkan jerawat ataupun mengatasi bekas jerawat. Namun tidak semua produk yang beredar aman untuk kesehatan kulit Anda.

Produk-produk di pasar memang mampu mengatasi wajah berjerawat, namun jika digunakan dalam jangka waktu yang lama tentu tidak baik untuk kesehatan Anda. Bahkan beberapa kasus yang terjadi produk kecantikan dapat menimbulkan kanker kulit. Apalagi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Untuk menghindari hal tersebut, cara alternatif yang dapat Anda pilih adalah menggunakan bahan-bahan alami. Terdapat banyak sekali bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi jerawat, salah satunya adalah minyak zaitun. Khasiat minyak zaitun untuk wajah berjerawat memang tidak diragukan lagi. Selain itu, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gangguan kulit lainnya.

jerwa

Penggunaan minyak zaitun untuk wajah berjerawat juga tidak lepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Alasan obat herbal ini dapat mengatasi jerawat adalah sebagai berikut.

• Minyak zaitun mengandung vitamin yang penting dalam proses penyembuhan bekas jerawat dengan cepat.
• Minyak zaitun mengandung antiokasidan seperti palifenol yang dapat membantu membuang racun di dalam tubuh. Dapat menjaga kelembaban kulit, dan mencegah barbagai macam jenis infeksi.
• Minyak zaitun mengandung antibakteri yang baik untuk menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya.
• Minyak zaitun juga bersifat anti-inflamasi yang baik untuk membuat kulit kembali normal.
• Minyak zaitun memiliki sifat non-coedegenic yang dapat mencegah menyumbatan pori-pori.

Inilah Cara dan Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah Berjerawat

Terapi Pemijatan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengobati jerawat adalah dengan mengambil 1 sendok minyak zaitun kemudian gunakan sebagai obat pijat pada wajah Anda. Lakukan secara lembut dan perlahan. Anda dapat melakukan tekanan yang mendalam selama 4-5 menit. Setelah itu diamkan sekitar 20 menit dan bersihkan wajah Anda menggunakan kain yang bersih dan hangat. Anda dapat melakukan terapi pijat ini secara rutin sebelum tidur.
Manfaat dari terapi ini adalah dapat menghilangkan kelebihan minyak di wajah dan membantu menghilangkan sel kulit mati. Selain itu, terapi pijat menggunakan minyak zaitun juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit wajah.

Terapi Penguapan

Khasiat minyak zaitun untuk wajah berjerawat dapat dilakukan dengan menggunakan terapi penguapan. Caranya adalah dengan merebus air yang sudah dicampur minyak zaitun dan gunakan uap dari rebusan air tersebut untuk terapi. Jarak yang aman untuk melakukan terapi ini adalah sekitar 18 inchi. Lakukan terpi ini selama 10 menit kemudian basuh wajah Anda menggunakan handuk bersih. Manfaat terapi ini adalah membantu membuat jaringan bekas luka dari jerawat hilang.

Sebagai Scrub

Minyak zaitun juga dapat Anda gunakan sebagai bahan scrub alami untuk mengatasi jerawat. Cara pertama adalah dengan membuat ramuan minyak zaitun degan baking soda. Anda campurkan satu sendok baking soda dan satu sendok minyak zaitun. Aduk hingga rata dan oleskan pada kulit wajah Anda. Gosok secara perlahan menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 3 menit kemudian terapkan kain basah untuk menghilangkan scrub.khasiat minyak zaitun untuk wajah berjerawat1

baca juga : scrub alami untuk wajah berminyak dan berjerawat

Cara yang kedua adalah membuat ramuan minyak zaitun dan garam laut. Siapkan dua sendok garam yang sudah dihaluskan kemudian campurkan dengan satu sendok minyak zaitun. Aduk kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta dan gunakan sebagai scrub. Cara melakukannya sama seperti langkah di atas. Manfaat menggunakan ramuan scrub minyak zaitun adalah dapat mempercepat proses penghapusan dari jaringan bekas jerawat. Selain itu, scrub ini juga dapat menjaga kelembaban kulit wajah.

Minyak Zaitun dengan Lemon

Agar khasiat minyak zaitun untuk wajah berjerawat lebih maksimal maka Anda dapat mencampurkannya dengan perasan buah lemon. Caranya adalah dengan menyiapkan satu sendok minyak zaitun dan setengah sendok air perasan lemon. Campurkan kedua bahan tersebut dan Anda dapat menerapkannya menggunakan bantuan kapas hingga rata. Diamkan sekitar 10 menit dan basuh wajah Anda menggunakan air hangat. Anda dapat melakukan terapi ini dua kali sehari agar lebih efektif. Manfaat campuran minyak zaitun dan buah lemon ini adalah dapat menghentikan peradangan yang terjadi akibat jerawat. Selain itu, kandungan perasan lemon juga dapat menghilangkan sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori pori kulit wajah.

baca juga : apa pemicu jerawat dan bagaimana cara mengatasinya?

Itulah khasiat minyak zaitun untuk wajah berjerawat yang perlu Anda ketahui.

loading...