Khasiat Kacang Tanah Beserta Kandungan Gizi

By Categories : Kesehatan

Kacang tanah menjadi salah satu jenis kacang paling populer di Tanah Air. Kacang tanah pada umumnya diolah dengan cara digoreng atau direbus. Selain itu kacang tanah juga menjadi bumbu pada menu makanan seperti pecel, gado-gado, sate Madura, dan aneka menu kuliner lainnya. Kacang tanah sendiri menyimpan berbagai kandungan gizi, sehingga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Untuk mengetahui khasiat yang dimiliki dari kacang tanah, pada kesempatan kali ini membahas mengenai khasiat kacang tanah beserta kandungan gizi. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

kacang tanah

Berikut Khasiat Kacang Tanah

Membantu dalam Mengurangi Rasa Depresi

Khasiat kacang tanah yang pertama adalah membantu dalam mengurangi rasa depresi. Di dalam kacang tanah terdapat asam amino esensial dengan kandungan disebut tryptophan. Kandungan tersebut membantu dalam merangsang serotonin yang mampu mengendalikan mood agar tetap baik. Efek dari tryptophan menjadi salah satu anti depresi dan ketika dikombinasikan dengan coklat maka menjadi kombinasi yang mampu memberikan perasaan senang dan tenang.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan mengonsumsi kacang tanah 1 sampai 3 ons dapat menghindarkan serangan kardioveskuler sampai dengan 21 persen. Ini dikarenakan kacang tanah mengandung lemak tak jenuh. Oleh sebab itu kacang tanah cukup baik dalam menurunkan resiko dari serangan jantung sekaligus membantu menjaga kesehatan organĀ jantung. Kandungan lemak tak jenuh di dalam darah yang lebih tinggi dibanding lemak jenuh akan membantu memperbaiki kesehatan dari jantung.

Baik untuk Ibu Hamil

Kacang tanah mengandung asam folat yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil, terlebih bagi wanita hamil muda. Kandungan asam folat tersebut mampu mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat. Wanita hamil sangat dianjurkan mengonsumsi berbagai macam kacang-kacangan untuk perkembangan bayi. Kacang kacangan tersebut di antaranya adalah kacang tanah, kacang merah, dan kacang hijau.

Kanker Usus Besar

Khasiat kacang tanah selanjutnya adalah mengurangi risiko kanker usus terutama pada wanita. Anda dapat mengonsumsi berbagai macam olahan kacang tanah, salah satunya adalah selai kacang. Dengan mengonsumsi dua sendok selai kacang dua kali seminggu mampu mengurangi risiko kanker usus besar pada wanita hingga 58% dan 27% pada pria.

Menjaga Berat Badan

Selain mengurangi risiko terkena usus besar, dengan mengonsumsi dua sedok selai kacang dua kali seminggu juga mampu menjaga tubuh terkena obesitas dari pada mereka yang tidak mengonsumsinya. Anda juga dapat mengonsumsi selai kacang setiap pagi dengan irisan roti mencegah kenaikan berat badan.

Selain untuk kesehatan kacang tanah juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Kacang tanah mengandung vitamin E, Seng, dan juga magnesium. Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit agar tetap terlihat bersinar dari dalam. Selain itu juga membantu dalam proses regenerasi kulit mengingat kacang tanah mengandung protein di dalamnya.

Membantu Menjaga Kesehatan Rambut

Khasiat kacang tanah berikutnya adalah membantu dalam menjaga kesehatan rambut. Selain mengandung vitamin E, kacang tanah juga mengandung lemak omega 3 cukup tinggi. Lemak omega 3 berfungsi untuk membantu memperkuat folikel kulit kepala serta membantu meningkatkan pertumbuhan pada rambut.

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Selain dapat menjaga kesehatan rambut, dengan rutin mengonsumsi kacang tanah secara rutin maka mampu mendorong pertumbuhan rambut sehat. Ini karena kacang tanah merupakan sumber arginin, yakni asam amino yang baik untuk mengobati kebptakan. Zat ini berguna untuk menyehatkan dinding agar aliran darah lancar. Karena dengan aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh maka rambut akan sehat dan kuat.

Kandungan Gizi Kacang Kulit

Di dalam satu cangkir kacang mentah terkandung sekitar 828 kalori atau 8 persen dari kebutuhan harian. Selain itu juga terdapat 72 gram lemak atau 110 persen dari kebutuhan harian, 37 gram protein atau 73 persen dari kebutuhan harian. Selain itu juga terkandung 12 gram serat atau 19 persen dari kebutuhan harian, dimana serat sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan pada tubuh.

Kacang tanah mentah mengandung 19 persen lemak jenuh dan 81 persen adalah lemak tak jenuh. Lemak jenuh mampu meningkatkan kadar koleseteol serta berkontribusi terhadap penyakit arteri dan diabetes 2. Namun untuk lemak tak jenuh berfungsi kebalikannya, mampu menurunkan kolesterol serta mengurangi risiko diabetes 2 dan penyakit arteri.

Satu porsi kacang tanah mentah mampu memasok 110 persen asupan makanan referensi niacin, 81 persen untuk vitamin, 30 persen vitamin B-6, 78 persen tiamin, dan 15 persen untuk ribuflavin. Kandungan vitamin tersebut mampu melindungi tingkat vitamin A dan C di dalam tubuh, mengatur nafsu makan, serta menjaga pencernaan agar tetap sehat.

Sedangkan untuk mineral lain yang terkandung di dalam secangkir kacang tanah antara lain 58 persen magnesium, 44 persen fosfor, 43 persen seng, 37 persen zat besi, 10 persen, kalsium, serta 22 persen kalium. Demikianlah tadi pembahasan mengenai khasiat kacang tanah beserta kandungan gizi.

Loading...