Khasiat Ikan Tuna untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Ikan tuna menjadi salah ikan favorit kebanyakan orang. Selain rasanya yang lezat ketika diolah menjadi makanan, ikan tuna memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk tubuh. Ikan tuna sering dijadikan sebagai salah satu bahan untuk membuat sushi yang menjadi makanan khas asal Jepang. Tak kalah dengan ikan salmon, ikan tuna juga mengandung Omega-3 yang baik untuk pertumbuhan otak pada anak. Ikan tuna termasuk ke dalam salah satu jenis ikan dengan family Scombridae serta genus Thunnus. Ikan ini juga sangat populer di berbagai belahan di dunia. Nah bagi Anda yang belum mengetahui mengenai apa saja khasiat yang dimiliki ikan tuna, di bawah ini terdapat beberapa informasi mengenai khasiat ikan tuna untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Ikan Tuna untuk Kesehatan Tubuh

Berikut Khasiat Ikan Tuna untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai Sumber Protein Tinggi

Berbicara mengenai protein, ikan tuna mengandung kandungan protein cukup tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan protein di dalam ikan tuna sangat membantu dalam menjaga otot dalam tubuh agar tetap kuat. Di samping itu protein di dalam ikan tuna juga baik dalam kesehatan darah, rambut, kuku, dan juga kulit.

Membantu Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Khasiat ikan tuna yang kedua adalah membantu mencegah tekanan darah tinggi. Darah tinggi pada seseorang dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk serangan jantung serta penyakit stroke. Kandungan seperti asam lemak omega 3 di dalam ikan tuna berperan dalam mencegah tekanan darah tinggi pada tubuh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa kandungan omega 3 di dalam ikan tuna membantu menjaga kestabilan tekanan darah.

Sebagai Sumber Vitamin B

Khasiat ikan tuna yang ketiga adalah sebagai sumber vitamin B. Vitamin B berguna untuk tubuh dalam memelihara serta membangun sel darah merah serta membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Vitamin B termasuk ke dalam salah satu vitamin yang larut di dalam air. Selain fungsinya sebagai meningkatkan energi, vitamin B juga membantu dalam sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan kulit.

Sebagai Sistem Imunitas Tubuh

Khasiat yang keempat adalah sebagai sistem imunitas tubuh. Ikan tuna mengandung selenium, antioksidan yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat terhindarkan dari berbagai infeksi dan melawan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu konsumsi ikan tuna secara rutin untuk mendapatkan khasiat yang terdapat di dalamnya.

Membantu Menurunkan Kadar Trigliserida

Trigliserida merupakan penyusun utama dari lemak hewani dan minyak nabati. Dengan mengonsumsi dua porsi ikan tuna selama 2 minggu, Anda sudah dapat menurunkan kadar Trigliserida dalam tubuh. Ketika tubuh Anda memiliki Trigliserida tinggi, sangat memungkinkan mengalami peningkatan LDL atau kolesterol jahat. Secara umum kadar HDL atau kolesterol baik dibutuhkan lebih tinggi dibandingkan dengan LDL.

Demikianlah tadi beberapa khasiat ikan tuna untuk tubuh yang bisa Anda ketahui.