Khasiat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Habbatussauda atau jinten hitam merupakan tanaman semak belukar yang tumbuh liar pada setiap musim di beberapa kawasan di Asia, Jazirah  Arab dan juga di utara Afrika. Meskipun begitu tanaman  yang memiliki nama ilmiah Nigella sativa ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Khasiat habbatussauda sendiri ternyata terdapat dalam sebuah Hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Hendaklah Kalian mengonsumsi Habbatussauda, karena di dalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam berarti kematian”.

C

C

Tak hanya terdapat dalam sebuah hadist saja, khasiat habbatussauda juga telah dibuktikan oleh 150 peneliti. Kandungan berbagai macam vitamin, asam lemak tak jenuh, protein nabati serta mineral sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. selain itu, masih banyak zat-zat serta nutrisi yang terkandung di dalam habbatussauda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah khasiat habbatussauda bagi kesehatan tubuh.

Inilah khasiat habbatussauda untuk kesehatan

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Khasiat habbatussauda yang pertama adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Direktur Institute Imunologi dari Universitas Munich, Profesor. G Reimuller mengakui bahwa ekstrak yang terkandung habbatussauda memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Sehingga, habbatussauda dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit yang menyerang sistem imun tubuh, seperti AIDS dan juga kanker.

Mencegah penyakit alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan daya ingat seseorang menurun secara drastis. Tentu saja ini akan sangat berbahaya, oleh karena itu Anda dapat mencegah penyakit tersebut dengan menggunakan habbatussauda. Kandungan omega 3 dan omega 6 pada tanaman ini mampu memberikan nutrisi yang baik bagi sel otak. Selain dapat meningkatkan daya ingat, nutrisi tersebut juga berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak serta dapat memperbaiki peredaran darah yang menuju ke otak.

Melancarkan ASI

Khasiat habbatussauda yang selanjutnya adalah adalah untuk melancarkan ASI. Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, Anda juga dapat memanfaatkan tanaman yang satu ini untuk melancarkan ASI. Penelitian mengenai hal ini telah dipublikasikan dalam literatur penelitian pada tahun 1989 di Unversitas Potchestroom. Penelitian tersebut menyatakan bahwa kombinasi antara struktur hormonal dengan asam lemak tak jenuh pada  habbatussauda dapat melancarkan ASI.

Mengobati alergi

Sebuah penelitian di Jerman yang dipublikasikan di Majalah Tohuku J Exp Med pada tahun 2003 yang lalu menyatakan bahwa minyak habbatussauda sangat efektif untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Hal ini pun dapat dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 125 pasien yang terkena penyakit akibat alergi, seperti aksim, asma bronkial dan juga sinusitis. Dalam setiap harinya pasien tersebut diobati dengan minyak habbatussauda dengan dosis 40 hingga 80 mg/ kg berat badan. Hasilnya menunjukkan bahwa adanya perbaikan gejala pada setiap penyakit tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai khasiat habbatussauda bagi kesehatan tubuh. Baca juga artikel tentang Manfaat susu kambing untuk kesehatan.