Khasiat Daun Sirih untuk Kecantikan

By Categories : Wanita

Daun sirih termasuk tanaman herbal yang sering dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai keperluan kesehatan. Di Indonesia sendiri sudah sejak lama daun sirih digunakan untuk keperluan pengobatan. Orang jaman dulu menggunakan daun sirih dengan cara dikunyah bersamaan pinang, gambir, serta kapur. Di sisi lain daun sirih juga sering digunakan untuk keperluan acara adat.

Tidak hanya untuk pengobatan saja, daun sirih juga digunakan sebagai perawatan kecantikan yang sering digunakan para wanita. Lalu apa saja sebenarnya khasiat daun sirih untuk kecantikan wanita? Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan di bawah ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber!

daun sirih

Berikut Khasiat Daun Sirih untuk Kecantikan

Mampu Mengatasi Timbulnya Jerawat pada Wajah

Jerawat pada wajah menjadi permasalahan pada wajah yang sering dialami wanita. Jerawat pada wajah dapat mengurangi rasa percaya diri. Khasiat yang bisa diambil dari daun sirih adalah mampu mengatasi jerawat pada wajah. Daun sirih mengandung anti-septik alami serta anti bakteri yang ampuh menangani gatal pada kulit serta mampu mengatasi jerawat yang membandel. Untuk penggunaannya Anda harus merebus daun sirih terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada kulit yang berjerawat. Gunakanlah handuk sebagai media untuk mengusapkan air sirih pada wajah yang berjerawat. Gunakan air sirih ketika masih hangat, dan lakukan cara alami ini paling tidak dua kali dalam sehari.

Membantu Mengatasi Gatal pada Kulit

Khasiat daun sirih untuk kecantikan berikutnya mampu mengatasi gatal pada kulit. Seperti pada penjelasan di atas kandungan anti bakteri serta anti-septik pada daun sirih mampu mengatasi jerawat yang timbul pada wajah serta mengatasi gatal pada kulit. Cara penggunaannya cukup dengan 10 sampai 12 daun sirih yang direbus dengan air. Tunggu rebusan daun sirih hangat dan jangan terlalu lama ketika merebusnya. Gunakan rebusan daun sirih untuk mandi, selain itu juga bisa digunakan untuk merendam kaki atau tangan yang gatal. Dengan begitu permasalahan gatal pada kulit dapat berkurang dengan sendirinya.

Mengurangi Bau Badan

Untuk khasiat yang satu ini mungkin Anda sudah banyak mengetahuinya yaitu untuk menghilangkan bau badan. Bau badan ditimbulkan oleh keringat yang tercampur bakteri yang menempel pada kulit. Bau badan sangat mengganggu, oleh sebab itu sebaiknya cepat di atasi. Untuk mengatasi bau badan dapat dilakukan dengan memakai body spray atau roll on. Sedangkan untuk cara alami sendiri dapat menggunakan daun sirih. Cara penggunaannya seperti cara-cara di atas yaitu dengan merebusnya, lalu menggunakan air rebusan daun sirih untuk mandi. Aroma khas daun sirih serta anti bakteri dan anti-septik alami mampu mencegah dan mengurangi bau badan tak sedap.

Menghaluskan wajah yang kasar

Melakukan perawatan kulit menggunakan daun sirih dipercaya dapat menghaluskan serta melembutkan kulit kasar Anda. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu menyiapkan 5 lembar daun sirih dan cuci hingga bersih. Setelah itu tumbuk daun sirih yang sudah bersih tersebut hingga halus dan tambahkan satu sendok makan madu. Aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur sampai rata. Anda dapat mengoleskan adonan tadi ke seluruh bagan wajah atau kulit yang kasar selama 15 menit. Langkah terakhir adalah bilas dengan air dingin hingga bersih. Anda dapat melakukan perawatan ini 2 kali seminggu.

Mengatasi kulit berminyak

Khasiat daun sirih untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah dapat mengatasi kulit berminyak. Cara ini tentu lebih efektif karena tidak mengandung bahan kimia. Anda dapat menggunakan 10 lembar daun sirih kemudian rebus dengan 1 liter air. Biarkan air rebusan tersebut hingga dingin dan gunakanlah untuk mencuci wajah setiap malam sebelum tidur.

Mencerahkan wajah kusam

Selain mampu mengatasi kulit berminyak, mencuci wajah dengan air rebusan daun sirih dapat membuat wajah Anda terlihat lebih cerah. Cara tradisional ini tentu sangat baik. Anda dapat melakukannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Setelah satu bulan pemakaian maka Anda akan mendapatkan hasilnya.

Menghilangkan flek hitam

Anda dapat memanfaatkan daun sirih untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya adalah dengan mengaplikasikan bersama dengan kapur sirih. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok kapur sirih daun sirih, dan air jeruk nipis. Kemudian aduk hingga rata. Oleskan adonan tersebut ke wajah Anda yang terdapat flek hitam. Anda diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan kulit secara tradisional ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pembersih mata merah

Khasiat lain dari daun sirih adalah untuk membersihkan mata yang memerah. Mata merah biasanya terjadi karena iritasi. Cara melakukan perawatan ini adalah dengan merebus 6 lembar daun sirih yang sudah dibersihkan. Setelah air rebusan dingin, basuhlah mata Anda dengan air daun sirih 3 kali sehari.

Itulah pembahasan mengenai khasiat daun sirih untuk kecantikan yang bisa Anda coba di rumah. Baca juga bahan alami lain yang digunakan untuk kecantikan seperti Manfaat tomat untuk kecantikan dan kesehatan.

Loading...
terms: Manfaat daun sirih untuk wajah