Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan dan Kecantikan

By Categories : Kesehatan

Bagi para wanita yang gemar memasak pastinya sudah akrab dan mengetahui tentang daun salam. Hal ini dikarenakan daun yang memiliki nama latin Syzgium polyanthum ini merupakan salah satu rempah-rempah khas Indonesia yang sering digunakan sebagai penyedap masakan. Namun tak hanya itu saja manfaat daun salam, jika dilihat dari kandungan gizinya daun salam memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang terkandung dalam daun salam yaitu meliputi vitamin A, vitamin C, mineral, asam folat dan masih banyak lagi.

Khasiat Daun Salam

Jika dimanfaatkan untuk pengobatan daun salam biasanya direbus dan dikonsumsi airnya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat daun salam untuk kesehatan

  • Mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat yang pertama adalah untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau yang lebih sering disebut dengan hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah dalam tubuh di atas normal. Jika tidak segera diatasi tentunya hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti serangan jantung dan stroke. Selain mengonsumsi obat, Anda juga dapat mengonsumsi air rebusan daun salam secara teratur. Kandungan zat tannin dan flavonoida dalam daun ini percaya dapat mengobati hipertensi.

  • Membantu program diet

Selain untuk menjaga berat badan tetap ideal, diet yang Anda lakukan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan saat berat badan ideal tentunya ini akan mencegah Anda dari obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Selain olahraga, Anda dapat memanfaatkan daun salam untuk membantu program diet Anda. hal ini dikarenakan daun salam mengandung serat serta enzim yang dapat melancarkan pencernaan serta dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

  • Mengatasi maag

Seperti yang Anda ketahui maag adalah salah satu penyakit yang sering dialami hampir setiap orang. Maag disebabkan oleh lambung yang mengalami peradangan sehingga ini akan menyebabkan rasa sakit pada perut. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membuat ramuan dari rebusan daun salam. Anda dapat menambahkan gula merah untuk menambah rasa manis. Kemudian saring dan minumlah ramuan tersebut hingga teratur.

Khasiat daun salam untuk kecantikan

  • Mengatasi rambut rontok

Selain ketombe, rambut rontok juga merupakan masalah yang sering dialami oleh setiap orang. Jika tidak segera diatasi rambut rontok yang berlebihan dapat menyebabkan kebotakan. Cobalah untuk menggunakan air daun salam untuk membilas rambut Anda. Kandungan minyak pada daun salam dipercaya dapat digunakan sebagai tonik untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe.

  • Mengatasi kutu rambut

Tak hanya ketombe dan rambut rontok saja, kutu rambut juga merupakan masalah yang sering dialami oleh rambut. Caranya, rebuslah daun salam dengan air secukupnya. Diamkan hingga mendidih kemudian saring air tersebut. Gunakan air pada akar rambut dan kulit kepala. Diamkan 3 hingga 5 jam kemudian bilas hingga bersih.

Nah itulah beberapa khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan.