Khasiat Daun Beluntas Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Umum

Beluntas (Pluchea indica L.), nama tumbuhan ini mungkin jarang kita dengar. Tapi, sebetulnya bentuk tanaman ini tidak seasing namanya. Jika kita perhatikan dengan seksama, hampir dapat dipastikan orang akan langsung mengenalnya sebagai tanaman yang sering terdapat di halaman rumah, karena sering digunakan sebagai tanaman pagar.

Beluntas adalah tanaman perdu tegak, dan berkayu, serta bercabang banyak, memiliki tinggi bisa mencapai 2 meter. Berdaun tunggal, berbentuk bulat telur, berujung runcing, serta berbulu halus, daun mudanya berwarna hijau kekuningan dan pada saat tua berwarna hijau pucat dan panjang daunnya 3,8-6,4 cm. Tumbuhan ini liar di tanah dengan kelembaban tinggi; di daerah Jawa Barat tanaman ini dipakai untuk tanaman pagar dan pembatas antar guludan di perkebunan. Di beberapa daerah Indonesia menyebutkan nama beluntas dengan nama yang berbeda seperti baluntas (Madura), Luntas (Jawa Tengah), dan Lamutasa (Makasar).

Manfaat Daun Belantas

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui diantaranya adalah, alkaloid dan minyak atsiri. Tumbuhan ini bersifat getir rasanya dengan ciri khas yang bau sengir. Daun berfungsi menambah nafsu makan stomakik, dan membantu pencernaan. Secara tradisional sejak dahulu daun beluntas dipakai sebagai obat untuk menghilangkan bau badan, sebagai obat penurun panas, mengobati batuk, dan juga diare. Daun beluntas yang sudah direbus akan manjur dalam mengobati sakit kulit. Selain itu daun beluntas biasanya dikonsumsi masyarakat sebagai bagian dari lalapan.

Khasiat Daun Beluntas

Daun beluntas berkhasiat bagi tubuh dan dapat berguna untuk berbagai penyakit juga. diantaranya: Untuk mengobati TBC Kelenjar Leher. Caranya adalah dengan Ekstak batang dan daun beluntas, ekstrak gelatin dari kulit sapi, rumput laut. Bahan – baha ini ditim hingga lunak lalu dimakan. Untuk mengobati Rematik. Caranya adalah 15 gr akar beluntas dicuci bersih, kemudian direbus lalu minum. Selain itu daun beluntas ini dapat mengatasi gangguan Pencernaan Pada Anak dengan cara daun dicuci bersih, lalu ditumbuk sampai halus kemudian dicampuran dengan bubur saring atau dimasak dalam nasi tim. Beluntas juga berkhasiat menghilangkan bau badan yakni dengan menggunakan daun beluntas sebagai lalapan, maka bau badan di tubuh akan hilang.

Loading...
terms: daun beluntas