Khasiat Buncis untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Buncis bukan hanya sayuran untuk menghiasi steak daging, tetapi sayur ini mempunyai banyak khasiat untuk tubuh. Buncis menyerupai kacang panjang dengan rasa lebih manis dan terdapat kandungan air lebih banyak. Sayuran ini termasuk dalam jenis kacang yang memiliki manfaat tak jauh dari jenis kacang lainnya. Untuk Anda yang belum mengetahui apa saja khasiat buncis untuk kesehatan tubuh, silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Khasiat Buncis untuk Kesehatan

Berikut Khasiat Buncis untuk Kesehatan Tubuh

Membantu Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Khasiat buncis untuk kesehatan yang pertama adalah membantu untuk mencegah masalah pada jantung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan buncis mengandung kandungan flavonoid cukup tinggi. Kandungan tersebut merupakan antioksidan polifenol yang bisa ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Kandungan antioksidan dapat membantu dalam mencegah terjadinya pembekuan darah di vena dan arteri, sehingga mengurangi resiko serangan jantung.

Membantu Mencegah Kanker Usus

Khasiat buncis yang kedua adalah membantu dalam mencegah kanker usus. Penelitian telah menunjukkan bahwa bagi mereka yang sering mengonsumsi buncis secara teratur dapat mencegah terjadinya kanker pada usus besar. Bukti lainnya juga menunjukkan mengonsumsi buncis bisa membantu mengurangi resiko kambuhnya penyakit kanker.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat buncis yang ketiga adalah membantu menjaga kesehatan mata. Mata menjadi organ penting pada tubuh yang berguna untuk melihat dunia. Ketika mata mengalami masalah seperti minus maka akan mengganggu penglihatan. Oleh sebab itu perlu namanya asupan vitamin A yang bisa diambil dari sayur-sayuran atau buah-buahan. Selain worel, buncis juga mengandung karotenoid yang bisa mencegah degenerasi makula yang bisa menyebabkan penurunan fungsi penglihatan pada mata.

Baik Dikonsumsi untuk Ibu Hamil

Sayur buncis baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Ini dikarenakan buncis mengandung asam folat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya cacat saraf pada janin. Namun perlu diketahui pula, jangan terlalu berlebihan saat mengonsumsinya.

Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan pada Tubuh

Khasiat buncis untuk kesehatan berikutnya adalah membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Sistem kekebalan tubuh sangat membantu dalam melawan berbagai bakteri penyebab penyakit. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam buncis membantu dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Radikal bebas yang terdapat di udara juga dapat memicu penyakit kanker.

Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk menjaga agar tulang tetap sehat tubuh membutuhkan asupan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, vitamin K, serta silikon. Semua nutrisi tersebut dapat ditemukan pada sayur buncis. Kalsium yang terkandung di dalam buncis berperan untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Kandungan vitamin A, K, dan silikon juga dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap kuat.

Demikianlah tadi beberapa khasiat buncis untuk kesehatan. Selain khasiatnya di atas, buncis juga membantu mencegah diabetes. Buncis mengandung zat sitisterol dan stigmasterol yang membantu meningkatkan insulin pada pankreas.