Khasiat Buah Mengkudu bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah mengkudu memiliki bentuk agak lonjong dengan bintik pada bagian kulitnya. Buah ini memang memiliki aroma yang kurang sedap, sehingga membuat kebanyakan orang kurang menyukai aroma dari buah ini. Mengkudu atau juga dikenal dengan buah pace ini dimanfaatkan oleh masyarakat jaman dulu sebagai obat tradisional yang berkhasiat. Bagi Anda yang kurang mengetahui dan kurang mengenal dari buah mengkudu ini ada baiknya jika mengetahui dan mengenal lebih dekat lagi. Menurut para ahli, terdapat beberapa khasiat dari buah mengkudu bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja khasiat yang dimiliki? Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!

Khasiat Buah Mengkudu bagi Kesehatan Tubuh

Berikut Khasiat Buah Mengkudu bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai Anti Kanker

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan buah mengkudu memiliki senyawa yang disebut 2-menthoxy-1,3,4-trihydroxyanthraquinone. Senyawa tersebut berperan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada DNA, menjaga sel-sel tubuh dengan baik, serta mencegah beberapa penyakit kanker. Oleh sebab itu buah yang biasa digunakan sebagai obat tradisional ini memiliki peran sebagai anti kanker.

Membantu dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat buah mengkudu yang kedua adalah untuk membantu meningkatkan daya tahan pada tubuh. Hal ini dikarenakan buah mengkudu atau pace ini mempunyai kandungan mineral, vitamim, asam amino, enzim, dan peptide. Semua nutrisi yang terkandung dalam buah mengkudu tersebut membantu dalam proses peningkatan sistem imun pada tubuh. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan alami yang berperan membantu melawan radikal bebas.

Membantu untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Khasiat buah mengkudu yang ketiga adalah membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Permasalahan pada sistem pencernaan tidak dapat diabaikan begitu saja. Perut kembung, susah BAB, dan permasalahan seputar pencernaan dapat diatasi dengan mengonsumsi buah mengkudu. Serat dalam buah mengkudu berperan dalam melancarkan sistem pencernaan pada tubuh.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Mengkudu merupakan salah satu makanan untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi yang sering digunakan. Buah mengkudu mengandung zat yang disebut dengan Fitonutrien scopoletin yang memiliki fungsi dalam membantu melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu maka organ jantung akan bekerja lebih normal dan tidak terlalu keras dalam memompa darah. Selain zat Fitonutrien scopoletin, mengkudu juga mengandung xeronine yang berfungsi menormalkan tekanan dalam darah.

Sebagai Analgesik atau Penghilang Rasa Sakit

Khasiat buah mengkudu yang kelima adalah sebagai analgesic atau sebagai penghilang rasa sakit. Tidak hanya buahnya saja, tetapi daun dari buah mengkudu juga dapat digunakan dalam membantu meredakan sakit kepala. Buah mengkudu mempunyai kandungan analgesic sekitar 75 persen yang efektif sebagai morfin sulfat dalam membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri pada sendi.

Nah itulah tadi sedikit dari sekian banyak khasiat buah mengkudu bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui.

Loading...