Khasiat Buah Cempedak untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Untuk menjaga kesehatan tubuh, manusia perlu melakukan berbagai cara seperti rajin melakukan olahraga serta diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu buah yang banyak ditemukan di Indonesia adalah buah cempedak. Buah cempedak merupakan salah satu buah asli dari Asia Tenggara yang banyak ditemui di Indonesia, Thailand, dan juga semenanjung Malaysia.

Di dalam buah ini terdapat berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh dalam 100 gram buah cempedak terkandung sekitar 66,7 gram air, 25,8 gram karbohidrat, 2,5 gram protein, 40 mg kalsium, dan juga 17,7 mg vitamin C. Dengan kandungan tersebut membuat buah cempedak ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Lalu apa saja khasiat yang dimiliki buah cempedak? Langsung simak ulasannya di bawah ini.

Khasiat Buah Cempedak untuk Kesehatan

Berikut Khasiat Buah Cempedak untuk Kesehatan

Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat pertama buah cempedak untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Buah cempedak mengandung akan vitamin C tinggi, antioksidan alami, serta serat di dalamnya. Selain itu buah cempedak juga mengandung senyawa kalium cukup tinggi yang berperan penting dalam membantu menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh. Hal ini tentunya akan membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta membantu dalam mengurangi tekanan darah tinggi yang dapat membuat jantung lebih sehat.

Menjaga Kesehatan Mata

Organ mata menjadi salah satu organ paling penting yang berhubungan dengan penglihatan. Cara menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menghindari membaca di tempat yang gelap, menghindari bermain ponsel di tempat yang kurang akan cahaya, sampai dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin A. Selain wortel buah cempaka ternyata juga mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Membantu untuk Mengontrol Berat Badan

Khasiat buah cempedak yang ketiga adalah untuk membantu dalam mengontrol berat badan tubuh. Untuk khasiat yang satu ini tentunya sangat cocok bagi mereka yang tengah menjalankan program diet. Berat badan berlebih menjadi hal yang tak diinginkan setiap orang. Cara terbaik untuk menghindari berat badan berlebih adalah dengan melakukan olahraga serta mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat seperti buah cempedak yang mengandung serat cukup tinggi membantu mengontrol obesitas atau kelebihan berat badan serta membantu untuk menurunkan berat badan pada tubuh.

Membantu dalam Menjaga Kesehatan Pencernaan

Seperti pada penjelasan di atas bahwa buah ini mengandung cukup banyak serat di dalamnya. Dalam dunia medis serat sangat berarti penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan pada tubuh. Oleh sebab itu tubuh manusia perlu asupan serat yang cukup untuk menghindarkan dari gangguan pada sistem pencernaan tubuh manusia. Oleh karena itu mengonsumsi buah cempedak menjadi salah satu cara dalam membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai khasiat buah cempedak untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui.