Keuntungan Rem Cakram Dibandingkan Rem Tromol

By Categories : Umum

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam kendaraan bermotor menggunakan sistem pengereman cakran dan tromol. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Sistem pengereman cakram dan tromol memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri-sendiri. Cara kerja yang berbeda antara rem cakram dan tromol turut membedakan keduanya. Setiap orang memiliki kesukaan tersendiri antara kendaraan bermotor menggunakan rem cakram atau menggunakan motor dengan rem tromol.

Keuntungan Rem Cakram

Meskipun sampai saat ini banyak produsen kendaraan bermotor menggunakan sistem pengereman cakram, namun tetap saja kendaraan bermotor menggunakan rem tromol masih diproduksi. Rem cakram memang lebih modern karena digunakan untuk standar kendaraan mobil. Lalu apa saja keuntungan rem cakram dibandingkan dengan rem tromol? Langsung saja ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Keuntungan Rem Cakram Dibandingkan Rem Tromol

Keuntungan rem cakram dapat digunakan dalam berbagai suhu di saat panas ataupun dingin, sehingga kendaraan akan tetap optimal saat melakukan pengereman. Selain itu rem cakram juga tahan terhadap genangan air pada saat banjir menerjang.
Biasanya rem cakram digunakan pada roda depan, hal ini dikarenakan roda depan pada kendaraan memiliki daya dorong berhenti lebih besar dibandingkan dengan roda belakang, Meskipun begitu saat ini sudah banyak produsen kendaraan yang menggunakan sistem pengereman pada roda depan dan roda belakang. Perlu diingat bahwa saat melaju dengan kecepatan tinggi, melakukan proses pengereman sebaiknya dilakukan antara rem depan yang diimbangi dengan rem belakang.

Rem cakram dilengkapi dengan ventilasi atau ventilated disk dan oli khusus untuk rem cakram. Keduanya berfungsi untuk membantu proses pendinginan pada piringan cakram, sehingga proses pendinginan akan lebih maksimal dan tidak mudah cepat panas saat terjadi gesekan akibat proses pengereman.

Setelah mengetahui apa keuntungan dari rem cakram alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu rem cakram. Rem cakram atau disk brake merupakan sistem rem yang bekerja dengan cara menjepit cakram yang telah dipasangkan pada roda kendaraan. Ketika proses pengereman dilakukan maka caliper yang digerakkan piston secara otomatis akan mendorong sepatu rem atau disebut dengan brake pads menuju cakram.

Meski memiliki kelebihan rem cakram juga memiliki kelemahan diantaranya seperti resiko kemasukan kotoran pada caliper rem cakram yang dapat menyebabkan piringan cakram tergores akibat kotoran yang menumpuk dan mengeras.
Sementara untuk rem tromol merupakan rem yang bekerja karena gesekan antara kampas rem dan tromol yang berputar searah dengan putaran roda ada kendaraan, sehingga dapat mengurangi laju motor. Jika dibandingkan dengan rem cakram, tenaga yang dihasilkan oleh rem tromol memang lebih kecil dan cenderung kalah.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai kelebihan rem cakram jika dibandingkan dengan rem tromol. Untuk kelebihan dari rem tromol seperti tidak mudah kemasukan air karena posisinya tertutup, oleh karena itu rem tromol lebih dipasang pada rem belakang jika kendaraan motor tersebut menggunakan rem cakram pada bagian depan.

Baca juga artikel tentang Kelebihan menggunakan Pertamax dibanding Premium.

terms: keuntungan rem cakram, 4 keuntungan rem cakram, keuntungan rem cakram dibandingkan rem tromol, keuntungan menggunakan rem cakram, keuntungan rem cakram dibanding rem tromol