Inilah 5 Keuntungan Investasi Properti

By Categories : Bisnis

Pada pembahasan sebelumnya membahas mengenai beberapa keuntungan investasi emas batangan, pada kesempatan kali membahas mengenai beberapa keuntungan investasi properti. Sebelum membahas mengenai keuntungan yang dimiliki dari properti, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu pengertian dari proses investasi.

Keuntungan Investasi Properti

Investasi merupakan suatu kegiatan yang diharapkan mendapatkan sebuah keuntungan di masa depan dengan menanamkan modal, barang berharga seperti logam mulia, sampai dengan tempat tinggal yang masuk ke dalam kategori properti. Saat ini investasi memiliki beraneka ragam macam, namun Anda tetap perlu waspada jika terdapat investasi yang memberi keuntungan tidak wajar.

Hal tersebut bisa berarti bahwa investasi tersebut palsu atau hanya penipuan saja. Investasi memang akan memberikan keuntungan yang besar jika berhasil, dan tak sedikit pula menimbulkan kegagalan yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor kehilangan sampai dengan faktor yang menyangkut masalah hukum. Sekedar memberikan informasi mengenai apa saja keuntungan investasi properti yang semakin hari harga semakin naik?

Berikut Keuntungan Investasi Properti

Perlindungan Terhadap Inflasi

Keuntungan pertama yang bisa diambil dari investasi properti adalah perlindungan terhadap inflasi yang lebih aman. Properti seperti rumah, tanah, sampai dengan apartemen setiap hari memiliki harga yang semakin tinggi. Tidak hanya itu properti memiliki nilai yang sangat tinggi dan tahan terhadap laju inflasi yang terus menggerus setiap tahunnya. Sebagai contoh tahun ini si A dapat membeli mobil dengan harga 120 juta, sedangkan tahun depan dengan harga yang sama belum tentu bisa mendapatkan mobil baru seperti tahun sebelumnya. Berbeda dengan properti yang justru semakin tahun memiliki harga semakin tinggi.

Investasi Jangka Panjang

Keuntungan investasi property yang berikutnya adalah investasi jangka panjang. Investasi seperti rumah dan tanah sangat cocok digunakan sebagai investasi jangka panjang dengan kelebihan memiliki harga yang berkali-kali lipat dari harga semula. Berbeda dengan emas ataupun dengan deposito yang memiliki keuntungan lebih sedikit jika dibandingkan dengan investasi tanah.

Nilai Tambah yang Semakin Tinggi

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan nilai atau harga tanah semakin mahal. Jika dilihat dari faktor sosial semakin banyaknya kebutuhan orang untuk memiliki tanah yang bisa dibangun menjadi rumah sebagai tempat tinggal. Sedangkan untuk faktor ekonomi dikarenakan keadaan ekonomi nasional, regional, maupun lokal. Oleh sebab itu jangan heran jika harga tanah semakin tahun semakin mahal dan bahkan memiliki harga yang tak masuk akal jika memiliki tempat strategis.

Penghasilan yang Lebih Fleksibel

Yang dimaksud pada poin ini adalah dalam bentuk rumah maupun apartemen. Selain dapat dijual yang memiliki harga tinggi, ternyata properti juga dapat menghasilkan dengan disewakan. Untuk apartemen maupun rumah yang berada di lingkungan kota, akan memiliki harga sewa yang lebih mahal dibandingkan dengan di pedesaan. Namun bukan berarti harga properti pedesan murah, dengan seiringnya waktu tentu harga setiap meternya akan terus naik.

Memiliki Resiko Lebih Rendah

Keuntungan investasi properti yang kelima atau yang terakhir adalah memiliki resiko yang lebih rendah. Tak bisa dipungkiri bahwa dengan melakukan investasi properti memiliki resiko lebih rendah. Ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memilih investasi aman.