Keuntungan Investasi Emas

By Categories : Bisnis, Umum

Emas merupakan barang berharga yang memiliki harga yang tidaklah murah. Emas yang merupakan golongan logam mulia ini banyak dijual sebagai perhiasan seperti cincin, atau juga kalung. Namun tak menutup kemungkinan juga jika terdapat emas dalam bentuk koin, atau juga dalam bentuk batangan. Untuk memiliki emas dalam bentuk batangan biasanya harus memiliki ijin resmi dan surat kepemilikan.

Emas batangan ini banyak disukai kebanyakan orang sebagai salah satu jenis investasi. Dibalik kilauan emas, tersimpan sebuah nilai berharga yang bisa dijadikan untuk investasi dalam jangka panjang. Oleh sebab itu banyak orang yang membeli emas dalam bentuk batangan untuk diinvestasikan dan disimpan dalam beberapa tahun mendatang. Lalu apa saja keuntungan investasi emas? Simak pembahasannya di bawah ini!

Keuntungan Investasi Emas

Keuntungan Investasi Emas

Mudah untuk Dicairkan

Salah satu keuntungan dalam berinvestasi emas adalah kemudahan dalam mencairkannya. Dalam arti dengan investasi emas dapat dengan mudah dicairkan sewaktu-waktu ketika membutuhkan keperluan dana untuk kebutuhan tak terduga. Ini dikarenakan emas lebih mudah untuk dijual atau bisa juga digadaikan. Untuk menjualnya pun terbilang cukup mudah seperti di toko emas, pegadaian, atau juga bank. Anda tidak perlu khawatir terhadap harga dikemudian tahun, karena pada umumnya harga emas setiap tahun mengalami kenaikan.

Kebal Terhadap Ancaman Inflasi

Keuntungan investasi emas yang berikutnya adalah kebal terhadap ancaman inflasi. Harga dari emas jarang sekali mengalami penurunan setiap tahunnya. Yang unik adalah harga emas ini justru mengalami kenaikan setiap tahunnya. Dengan begitu nilai dari emas ini lebih cenderung stabil dan kebal atau tahan terhadap laju inflasi setiap tahunnya. Bila saja berinvestasi emas dalam kurun waktu kurang lebih 10 tahun mendatang maka nilai yang dimiliki juga berlipat ganda serta meningkatkan keuntungan. Baca juga Makanan untuk Penderita Asma

Dapat Dijadikan Sebagai Modal Usaha

Memiliki emas bisa digunakan juga sebagai modal usaha. Terdapat manfaat spesial yang dimiliki emas dibandingkan dengan tabungan biasa. Emas yang Anda punya usahakan jangan langsung dijual ketika ingin membuka usaha baru. Emas tersebut gadaikan, lalu hasil dari gadai bisa digunakan untuk membuka usaha. Nah hasil keuntungan dari usaha, dapat Anda gunakan untuk mencicil emas yang digadaikan. Dalam hal ini perlu kerja keras dalam melakukan usaha. Pada akhirnya ketika sukses mendapatkan keuntungan ganda seperti emas kembali dan usaha berjalan.

Awet dan Tahan Terhadap Korosi

Sebagai logam mulia emas tentu tahan terhadap korosi dan awet. Barang berharga ini sangat tahan sekali terhadap proses pengkaratan atau korosi yang bisa menyerang logam lain seperti besi, aluminum, dan lain logam lainnya. Cara pemeliharaannya juga tergolong cukup mudah, dengan cara disimpan ke dalam brangkas yang keamanannya tinggi atau juga dapat disimpan di bank. Yang perlu diingat juga adalah bahwa emas tidak mudah rusak, usang, tahan akan rayap.

Bebas Terhadap Pajak

Keuntungan investasi emas yang berikutnya adalah bebas terhadap pajak. Hal ini sesuai dengan peraturan Direktur Jenderal Pajak dimana para pemilik emas batangan dengan berat berapa pun tidak akan terkena pajak. Hal ini dikarenakan bahwa emas termasuk dalam komoditi produksi.

Demikianlah pembahasan dari keuntungan investasi emas yang dapat Anda ketahui, disamping untuk investasi emas dapat dijadikan sebagai tabungan di masa depan. Baca juga artikel Faktor yang Mempengaruhi Investasi

Loading...