Ketahuilah Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini

By Categories : Umum

Sudah seharusnya para orang tua memahami dan mengetahui psikologi perkembangan anak. Seperti yang Anda ketahui masa anak pada usia dini merupakan masa penting dalam tahap perkembangan anak itu sendiri. Pada golden age atau masa emas tersebut anak mulai sensitif terhadap rangsangan.

Pada masa tersebut anak juga akan mengalami beberapa tingkat perkembangan mulai dari perkembangan berfikir, perkembangan motorik, perkembangan sosial, perkembangan fisik dan juga perkembangan emosi. Perkembangan anak ini terjadi pada saat  anak berusia  0 hingga 8 tahun. Untuk mendukung hal ini ada beberapa  hal yang perlu diperhatikan para orang tua untuk mendukung perkembangan anaknya.

Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini

Inilah psikologi perkembangan anak usia dini

Perkembangan kognitif

  • Tahap sensorimotor

Perkembangan kognitif anak terbagi menjadi dalam beberapa tahap yang pertama adalah tahap sensorimotor. Tahap ini biasanya terjadi pada usia 0 hingga 2 tahun. Pada tahap sensorimotor kemampuan anak hanya pada gerakan refleks, menggunakan berbagau peralatan untuk mencapai tujuannya, mengembangkan kebiasaan-kebiasaan awal dan pada tahap ini anak sudah mulai menemukan berbagai hal baru.

  • Tahapan pra operasional

Yang kedua adalah tahapan pra operasional. Tahapan ini berkembang saat usia anak 2 hingga 7 tahun. Pada tahap pra operasional anak mulai menerima berbagai rangsangan yang masih terbatas, kemampuan bahasa anak mulai berkembang dan masih belum mampu untuk berpikir abstrak.

  • Tahap konkret operasional

Yang selanjutnya adalah tahap konkret operasional. Pada tahap ini anak sudah bisa menjalankan operasional dan berpikirnya mulai secara rasional. Tahap ini berlangsung pada usia 7 hingga 11 tahun. Dalam tahap ini anak sudah bisa menyusun tugas-tugas seperti  melakukan pemisahan, penggabungan dan juga melipat.

  • Tahap formal operasional

Berikutnya adalah tahap formal operasional. Dalam tahap ini anak-anak sudah sudah bisa berfikir secara hipotetik. Sehingga pada tahap ini anak sudah bisa menerima pelajaran-pelajaran bersifat abstak, seperti agama, matematika dan lainnya.

Perkembangan fisik anak

Perkembangan fisik anak pada usia dini berkaitan dengan perkembangan motorik anak. Seperti yang Anda ketahui perkembangan motorik anak terbagi dalam perkembanan motorik kasar dan perkembangan motorik halus.

Perkembangan bahasa

Psikologi perkembangan anak  berikutnya adalah perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa anak terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu periode prelingual yaitu periode yang terjadi pada usia 0 hingga 1 tahun. Di mana periode ini anak sudah mulai mengoceh. Periode lingual yaitu periode yang terjadi pada usia 1 hingga 2,5 tahun. Pada periode ini anak sudah bisa membuat kalimat.  Sedangkan pada periode diferensiasi terjadi pada usia anak 1,5 hingga 5 tahun, pada periode ini anak sudah memiliki kemampuan yang baik dan benar.

Perkembangan sosio emosional

Selanjutnya adalah perkembangan sosio emosional. Tahukah Anda bahwa tahap ini merupakan psikologi perkembangan anak yang sangat penting. Hal  ini dikarenakan pada tahap perkembangan ini akan terbentuk rasa percaya diri dan perkembangan kemandirian dalam dirinya.

Demikianlah ulasan mengenai psikologi perkembangan anak usia dini.

Baca juga makanan sehat bayi 9 bulan untuk sang buah hati.